Ikut Cara Berikut Atasi Si Mata Panda!

5 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Padatnya kegiatan sehari - hari seringkali berdampak pada penampilan dan kesehatan. Kemacetan, kesibukan bekerja atau belajar sampai - sampai waktu istirahat terpotong, hal - hal tersebut bisa mempengaruhi penampilan fisikmu. Salah satu dampak yang sering dialami orang dikarenakan kelelahan yaitu kantung mata, alias mata panda.

Lingkaran hitam pada mata tentu penghalang penampilan yang tak bisa disembunyikan. Faktor utama penyebab mata panda adalah kurang tidur. Tapi jangan khawatir, mata panda bisa dihilangkan dengan cara - cara sederhana, lho. Berikut cara - caranya:

Es batu
Cara sederhana dan paling mudah dilakukan adalah mengompres mata dengan es batu. Sebelum pergi tidur siang atau malam, kompres mata dengan es batu selama 10 menit. Selain es batu, Anda bisa gunakan sendok yang telah didinginkan dalam freezer sebagai pengompres.

Kantung teh celup bekas
Jika Anda suka minum teh, jangan segera membuang kantung teh celup. Anda bisa gunakan sebagai pengompres mata untuk hilangkan mata panda. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan teh yang kandungan antioksidannya tinggi, seperti teh hijau. Setelah diseduh, diamkan kantung teh selama 5 menit. Usahakan untuk tidak menambah gula terlebih dahulu ke dalam gelas. Kemudian masukkan ke dalam freezer. Setelah mendingin, kompres pada mata selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mentimun
Cara lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan irisan mentimun yang diletakkan pada mata. Dingin dari mentimun diharapkan dapat memberikan kesejukan pada mata sehingga tampak lebih segar dan dapat mengurangi mata panda. Iris timun, lalu masukkan dalam lemari es. Setelah dingin, letakkan timun di kedua mata selama 10 - 15 menit. Jika Anda menyukai sensasi dinginnya, Anda bisa mengganti timun dengan yang lebih dingin.

♣ Parutan bengkoang
Bengkoang kaya akan vitamin B1 dan C. Kandungan air dalam bengkoang dapat menyegarkan mata dan menghilangkan mata panda. Parut bengkoang hingga halus. Gunakan parutan sebagai masker, diamkan selama 10 - 15 menit.

Walau cara menghilangkan mata panda cukup sederhana, Anda harus tetap menjaga waktu tidur dan asupan nutrisi agar mata panda tidak balik lagi. Perbanyak makan buah dan sayur, serta hindari makan makanan cepat saji.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)