Stimulasi Ketika Janin Bergerak

23 September 2016 Ibu dan Anak   |    dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG.


Stimulasi positif harus terus rajin Anda lakukan lho. Stimulasi suara, sentuhan dan cahaya dapat Anda lakukan mulai trimester kedua. Ketika janin bergerak, jangan didiamkan dan dibiarkan, tapi usap-usaplah. Tak lupa, sampaikan kata-kata positif dan menenangkan seperti ini: "Hallo Sayang, sudah semakin besar ya. Pintar deh kamu, lagi gerak-gerak. Nanti, bantu Bunda saat persalinan ya, jadi kamu lebih mudah keluarnya"

Disaat janin bergerak, Anda dapat melakukan stimulasi antara lain:

  1. Dia sedang bergerak, letakkan tangan Anda pada kedua sisi perut. Gunakan ujung jari Anda untuk menentukan posisi janin. Rasakan perlahan posisi tubuh dan kepala janin, ungkapkan perasaan Anda saat itu.
  2. Usaplah dengan jari dan telapak tangan terbuka. Usap bagian perut dengan melingkar dan sedikit tekanan. Bersenandunglah atau perdengarkan musik klasik di perut Anda.
  3. Menjelang persalinan, sentuh dan usaplah perut Anda. Dalami posisi janin dan lakukan gerakan seperti mengusap tubuhnya secara keseluruhan. Lakukan perlahan. Ajak ia bicara dengan intens dan lembut. Minta janin untuk ikut tenang dan rileks sehingga membantu persalinan Anda berjalan lancar.


Seperti diketahui, janin dapat diajak berkomunikasi karena ikatan Anda dan janin sangat kuat. Lakukan stimulasi. Sampaikan kata-kata positif, hal-hal positif, bersifat kebaikan, juga menenangkan.

Semoga bermanfaat..

(Penulis adalah seorang Obstetrician-Gynecologist @RSIA Bunda Menteng, @RSB Citra Ananda & @RSU Gandaria)
IG: ivanderutama / @ivanderutama