Mengenal Gerakan Janin

30 September 2016 Ibu dan Anak   |    dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG.


Janin umumnya bergerak normal minimal 10 kali sehari atau 1 kali dalam 1 jam.

  1. Mengulet. Pagi hari sebelum bangkit, Ibu biasa mengulet di tempat tidur? Janin juga melakukannya. Dia juga merasa pegal setelah beberapa jam tidur. Gerakan meregangkan otot tubuh itu dilakukan beberapa kali dalam sehari.
  2. Olahraga. Luruskan kaki kanan ke depan, lalu kaki kiri! Luruskan tangan kanan ke depan, ganti tangan kiri. Itulah gerakan olahraga janin. Ibu merasakannya sebagai gerakan menendang dan menyikut, padahal di dalam rahim janin tengah melatih otot tubuhnya untuk berkembang.
  3. Mengisap Jempol. Umumnya jempol masuk ke mulut janin saat ibu menikmati makanan lezat. Janin menunggu turunnya zat-zat gizi di makanan itu sampai ke aliran darahnya melalui plasenta. Refleks isap ini membantu bayi saat akan menyusu, maka ibu tidak perlu lagi memaksakan untuk menyodorkan puting. Keahlian mengisap jempol ini sudah mulai sejak minggu ke-19 karena otak bayi telah mencapai jutaan saraf motorik sehingga ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.
  4. Kebiasaan Berenang. Sejak bayi di dalam kandungan ia sudah terbiasa berada di dalam air selama 9 bulan, yaitu cairan ketuban. Bayi sedang senang-senangnya berenang di usia kehamilan 20 minggu.
  5. Kebiasaan Cegukan. Saat hamil, terkadang ibu merasakan gerakan kontinu di satu bagian perutnya. Bisa jadi saat itu janin sedang cegukan. Hal ini menandakan bahwa janin sedang berlatih pernapasan. Saat ini janin menghirup dan mengeluarkan air ketuban, ketika air ketuban yang tertelan terlalu banyak maka ia akan cegukan. Hal ini sesuatu yang wajar.
  6. Berputar. Saat ibu bekerja, janin tidak mau kalah. Ia sibuk menggerakkan kedua tangan. Janin akan memutar-mutar tali pusat dan menggunakannya untuk berpindah dari satu sisi ke sisi lain.
  7. Mengetuk, tok ..tok! Biasanya muncul bila ibu mengetuk janin lebih dahulu. Bila janin membalas ketukan ibu, tandanya ia tahu ibu menyapa.
  8. Menggelitik. Janin kadang belum lelah sehingga masih ingin bermain di cairan hangat ketuban. Gerakan yang ibu rasakan adalah ia menggelitik tulang rusuk.


(Penulis adalah seorang Obstetrician-Gynecologist @RSIA Bunda Menteng, @RSB Citra Ananda & @RSU Gandaria)
IG: ivanderutama / @ivanderutama