Home Treatment?, Why Not!

9 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Adalah sebuah ironi yang melanda lebih dari setengan wanita dewasa berjuang untuk mengatasi kerutan di sekitar mata. "Tingkat estrogen fluktuatif, hormon yang menstimulasi kelenjar bisa menyebabkan hal tersebut," kata Jonette E. Keri, MD, PhD dari Univesity of Miami School of Medicine. Selain pengaruh hormon, tingkat stres juga mempengaruhi.

Ada beberapa perawatan kulit yang dapat Anda lakukan dirumah. Perawatan kulit dirumah bisa melawan penyebab jerawat, yakni komedo yang menyumbat minyak dan sel kulit mati serta pembengkakan yang disebabkan oleh bakteri P. Acnes. Perawatan rutin ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan produk yang menggunakan dua formula untuk mengatasi jerawat sekaligus usia, yakni:

1. Salicylic Acid, dimana dapat menmbuat rontoknya komedo dan melembutkan kulit dengan membuang sel kulit mati.

2. Retinoid seperti Retinol, vitamin A yang dapat menyembuhkan jerawat, garis halus dan noda hitam dengan menormalkan pergantian sel.

3. Humectant yang merangsang kelembaban dan anti-pembengkakan, seperti yang terdapat pada teh hijau dan allantoin untuk mengatasi pembengkakan pada kulit.

Ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk membasmi dan mencegah jerawat yang timbul:

Perawatan Pagi Hari

Bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan menggunakan sabun wajah yang mengandung salicylic acid. "kandungan tersebut langsung membasmi komedo dan sel kulit mati," kata Diane Berson,MD, dermatologist dari Weill Medical College of Cornell University. Hindari pembersih yang menggunakan gel (yang bisa saja mengandung alkohol) dan scrub, yang dapat mnegikis minyak pada kulit sehingga membuatnya terlalu kering dan malah memproduksi minyak berlebih.

Lakukan perawatan jika kulit Anda memiliki bekas luka, sapukan bagian yang terdapat luka dengan salicylic acid atau Benzoyl peroxide. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri di permukaan kulit dan minyak yang mengering.

Jika kulit Anda kering, sapukan pelembab dengan kandungan SPF 15 atau lebih. Pilihlah yang mengandung alpha-hydroxy acid seperti glycolic acid untuk keuntungan ganda. AHA mengelupas komedo dan mengangkat sel kulit mati juga sebagai pelembab kulit. Jika wajah Anda berminyak, gunakan yang oil-free. sinar UV menebal pada bagian terluar kulit, dimana dapat mengunci komedo dan menyebabkan pori-pori kulit melebar.

Perawatan Malam Hari

Hapus make-up Anda perlahan, pembersih non-medis membuat kulit tidak dapat mengelupas jika Anda tidak bersih menghapus make-up.

Sapukan krim retinol, resep retinoid Retin-A digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan untuk melawan kerutan. "retinoid membantu membersihkan dan mencegah segala macam jerawat, mulai dari awal pembentukan hingga peradangan jerawat dan pembengkakan merah disekitar rahang," kata Keri. OTC retinoid seperti retinol tidak seperti Rx, tetapi bisa mengurangi iritasi dan menyesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

Sumber: mediaindonesia.com