Hindari Makanan Ini Saat Akan Olahraga atau Olahraga Menjadi Kacau!

6 Februari 2013 Artikel Kesehatan


Sebelum memulai olahraga, kita wajib untuk makan terlebih dahulu karena sarapan dapat membuat energi yang baru bagi tubuh sehabis kita beristirahat semalaman.

Meski sarapan setelah berolahraga lebih efektif untuk menurunkan berat badan, sebaiknya makan makanan yang ringan saja sebelum berolahraga untuk mendapatkan asupan energi yang maksimal. Akan tetapi, harus selektif dalam memilih makanan agar tidak mengganggu aktivitas olahraga.

Ada beberapa macam jenis makanan yang dapat menghilangkan manfaat sehat olahraga di pagi hari dan bahkan meninggalkan rasa tidak nyaman di perut. Usahakan untuk tetap berenergi dengan menghindari makanan berikut ini sebelum berolahraga:

1. Makanan mengandung banyak lemak
Sarapan dengan donat atau makanan berminyak seperti kentang goreng dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh jika kita berencana untuk segera berolahraga setelah makan. Makanan tinggi lemak menyebabkan perut terasa kembung dan lamban dalam mencerna makanan, karena lemak tidak seperti protein dan karbohidrat yang lebih mudah berubah menjadi energi.

2. Protein bar atau protein shake
Protein merupakan sumber bahan bakar yang penting untuk melakukan aktivitas berat seperti berolahraga. Namun minuman seperti protein shake atau snack ringan seperti protein bar seringkali mengandung jenis protein yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan.
Makanan tersebut juga tidak mengandung jumlah karbohidrat yang diperlukan untuk menjaga tingkat konsistensi energi. Agar kita mendapatkan cukup energi untuk berlari, makanan yang diambil harus mengandung perpaduan antara 25-40 gram karbohidrat dan 10 gram protein.

3. Kacang-kacangan, buah dan sayuran
Makanan ringan ini menjadi favorit banyak orang karena kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi kacang-kacangan, buah dan sayuran sangat kaya akan serat, dimana tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencernanya.
Jika kita mulai berolahraga sebelum serat makanan dalam perut dicerna dengan sempurna maka dapat mengalami gangguan seperti kram perut dan ketidaknyamanan lain pada perut.

4. Minuman Susu
Minuman sehat ini tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk menyediakan energi sebelum berolahraga. Susu dapat menguras energi karena memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam tubuh yang dapat membuat sakit perut. Selain itu susu juga mengandung protein yang menyebabkan anda sering buang angin saat berolahraga.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat bolahraga, cobalah makan makanan yang memiliki nutrisi yang seimbang seperti karbohidrat yang cukup karena asupan nutrisi yang cukup sebelum olahraga akan memberi tambahan energi sehingga performa olahraga mencapai titik terbaiknya.

(Dikutip dari berbagai sumber)