Hindari Dua Penyakit Favorit Gusi

24 November 2010 Artikel Kesehatan


Gusi yang sehat menandakan tubuh yang juga sehat. Maka itu, selain gigi, kesehatan gusi tentunya penting pula untuk dijaga. Bila diabaikan, gusi kita bisa mengalami penyakit gingivitis dan periodontitis.

Penyakit gusi
Gingivitis merupakan tahap awal penyakit yang ditandai dengan gusi berubah warna menjadi merah dan mudah berdarah. Meski tak menimbulkan rasa sakit, bila diabaikan radang ini bisa berkembang menjadi periodontitis. Perkebangan ini akan berlangsung perlahan dengan menghancurkan jaringan sel penguat gigi sehingga nantinya gigi akan melemah dan lama-kelamaan akan terlepas. Gingivitis biasanya rentan pada masa akhir kanak-kanak, sedangkan periodontitis rentan bagi Anda yang berusia 30-an.

Penyebab
Penyebab utama munculnya penyakit gusi yakni kondisi mulut yang kurang bersih yang diawali terbentuknya plak gigi. Bila bertahan selama 2-3 hari, plak akan berkembang menjadi tartar (kalculus). Kondisi itu pun akan menganggu gingiva dan bisa memicu hilanganya jaringan sel penguat gigi.

Konsumsi tembakau, seperti pada rokok, nutrisi buruk, mulut kering, diabetes, dan infeksi virus akan meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Pencegahan
1. Gosoklah gigi dua kali sehari, terlebih setelah makan atau mengemil.
2. Makanlah makanan kaya akan serat. Hindari makanan manis yang mudah lengket ke gigi, khususnya di antara waktu makan.
3. Bila Anda seorang perokok, sebisa mungkin kurangi kebiasaan itu. Atau, ganti rokok dengan mengunyah permen.
4. Menggosok gigi sebenarnya tidaklah cukup.Gunakan pula dental floss dan berkumur dengan cairan antiseptik setiap hari guna mengurangi terbentuknya plak pada gigi.
5. Usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin.

Perawatan
Dengan mengunjungi dokter gigi, Anda akan mengetahui kondisi gigi. Dokter pun akan memberikan saran perawatan gigi yang sesuai dengan kondisi Anda. Seperti metode paling tepat untuk menggosok gigi, menggunakan dental floss, atau membilas mulut dengan cairan antiseptik. Terlebih, bila Anda merasa bahwa gusi Anda berwarna terlalu merah dan mudah berdarah, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Sumber: mediaindonesia.com