Hindari 7 Aktivitas Ini Setelah Makan!

17 Juli 2018 Artikel Kesehatan


Kebanyakan orang tidak akan memperdulikan hal-hal apa saja yang dilakukan setelah makan. Beberapa orang yang punya kebiasaan tidur, merokok atau jalan-jalan setelah makan. Tiga hal tersebut ternyata harus dihindari karena bisa mengganggu sistem pencernaan tubuh. Ini sejumlah aktivitas yang dilarang untuk dilakukan setelah makan demi menjaga kesehatan pencernaan:

1. Minum Teh

Minum secangkir teh kental hangat memang nikmat. Tapi bukan pilihan yang tepat untuk diminum setelah makan. Teh punya tingkat keasaman tinggi yang membuat kandungan protein di dalam makanan meningkat, sehingga tubuh lebih sulit mencernanya. Apabila tetap ingin menikmati teh, campur dengan air yang lebih banyak atau tunggu satu jam setelah makan.

2. Makan Buah

Mengonsumsi buah setelah makan akan membuat perut terasa kembung karena sifatnya yang 'memfermentasikan' makanan di dalam perut. Untuk itu, makanlah buah 1-2 jam sebelum atau setelah makan hidangan utama.

3. Tidur

Hindari langsung pergi tidur setelah makan. Kebiasaan ini bisa membuat pencernaan terganggu dan dalam jangka panjang menyebabkan infeksi pada usus

4. Merokok

Merokok sudah tentu merupakan kebiasaan yang tidak sehat karena bisa merusak paru-paru. Tapi efeknya bisa lebih berbahaya apabila dikonsumsi setelah makan. Berdasarkan sejumlah penelitian, merokok setelah makan sangat berbahaya karena meningkatkan risiko kanker sepuluh kali lebih tinggi.

5. Beraktivitas Berat

Setelah makan, hindari aktivitas fisik berat seperti lari, fitnes atau bercinta yang mengharuskan tubuh banyak bergerak. Aktivitas fisik bisa membuat perut kembung dan memicu terjadinya kram perut.

6. Mandi

Mandi akan meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, terutama pada tangan dan kaki. Jika Anda langsung mandi setelah makan, jumlah darah di sekitar perut akan meningkat dan kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat sistem pencernaan melemah.

7. Jalan-jalan

Banyak orang mengira, jalan-jalan setelah makan bisa mempercepat proses pencernaan. Tapi itu tidak benar. Berjalan justru akan mencegah sistem pencernaan menyerap nutrisi dari makanan sehingga tubuh tidak maksimal memperoleh gizi. Sebaiknya tunggu 15-20 menit setelah makan, baru berjalan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)