Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar dari Perut Buncit!

18 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Zaman dulu, badan gemuk dianggap sebagai lambang kesejahteraan dan kemakmuran. Bahkan pria yang memiliki perut buncit dinilai menambah kesan gentle. Tapi seiring perubahan zaman, kini anggapan tersebut menjadi berbalik arah. Sekarang orang yang memiliki perut buncit dianggap memiliki pola hidup yang tidak sehat. Perut buncit juga bisa menjadi sumber penyakit bahkan pemicu kematian.

Berolahraga mungkin menjadi pilihan untuk menghilangkan perut buncit. Namun, hanya rajin berolahraga tidaklah cukup. Untuk menjaga berat badan dan perut rata, disarankan juga menjaga pola hidup sehat. Penyebab perut membuncit bermacam - macam. Berikut ini beberapa penyebabnya:

♦ Makan malam dengan porsi banyak

Disarankan untuk makan malam dengan porsi yang lebih sedikit. Hindari pula kebiasaan ngemil pada malam hari. Sebab pembakaran lemak pada saat tidur tidak berjalan dengan baik apabila perut dalam keadaan kenyang. Tiduran saat perut penuh juga dapat mengganggu pencernaan. Untuk itu, usahakan tidak berbaring selama tiga jam setelah makan.

♦ Mengkonsumsi makanan mengandung gas

Permen karet, ubi, dan brokoli merupakan makanan yang mengandung gas. Kandungan gas pada suatu makanan dapat membuat perut kembung dan membuncit. Minuman seperti kopi dan minuman bersoda juga mengandung gas. Sebuah penelitian menemukan meminum sekaleng soda dapat menyebabkan lingar pinggang lima kali lebih cepat melebar.

♦ Makan ketika sedang emosi

Perasaan sedih atau emosi yang memuncak bisa membuat nafsu makan meningkat. Hal ini menyebabkan asupan makanan tidak terkontrol dan menimbulkan timbunan lemak di perut. Anda bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan banyak minum air putih.

♦ Duduk terlalu lama

Orang yang bekerja di perkantoran biasanya memiliki kebiasaan duduk terlalu lama. Hal ini membuat susah terhindar dari perut buncit. Sebaiknya, jalani pola hidup sehat dan rajin berolahraga agar tubuh tetap fit dan terhindar dari perut buncit.

♦ Kurang tidur

Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 - 8 jam. Bila tidak memenuhi waktu jam tersebut, tingkat kortisol (hormon stres) akan naik dan dapat mendorong keinginan untuk mengkonsumsi makanan mengandung gula.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)