Hilangkan Bekas Luka dengan Cara Alami Ini

18 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Bagi sebagian orang, mempunyai bekas luka seperti bekas cacar, bekas jerawat, lecet atau luka karena teriris benda tajam bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri. Terutama jika bekas luka tersebut berada di betis, paha, lengan atau wajah. Menghilangkan bekas luka lama atau baru memang tidaklah mudah. Jika bekas luka tersebut tidak dirawat dengan benar maka luka tersebut bisa jadi tidak akan pernah hilang selamanya atau luka tersebut dapat menjadi keloid.

Tidak heran jika beberapa orang khawatir akan hal tersebut bahkan rela melakukan cara apa saja. Berbagai produk lotion khusus atau salep khusus pun dibeli, bahkan ada juga yang nekat melakukan operasi plastik atau laser agar kulitnya menjadi mulus kembali tanpa peduli berapa biaya yang harus dikeluarkan! Nah ketimbang melakukan hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda melakukan cara alami untuk menghilangkan bekas luka. Penasaran gimana caranya?

Madu
Madu adalah salah satu bahan yang dapat menghilangkan bekas luka. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada bekas luka dan diamkan selama 1 malam. Untuk hasil yang maksimal, maka Anda bisa melakukan cara ini secara berkala.

Bawang Putih
Bawang putih adalah bahan bumbu dapur yang seringkali kita temukan. Nah ternyata bawang putih ini juga memiliki khasiat loh untuk menghilangkan bekas luka. Anda hanya perlu memotong setengah suing bawang putih, lalu menggosokkannya pada bekas luka.

Jus Lemon
Jus lemon berkhasiat memutihkan kulit dengan alami, sehingga diklaim efektif untuk mengobati luka. Akan tetapi, hindarilah penggunaan jus lemon yang berlebihan karena kandungan asam sitrat di dalamnya akan memicu kerusakan pada kulit jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Mentimun
Salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan mentimun. Anda bisa menghancurkan mentimun hingga berbentuk pasta. Setelah itu, letakkan pada bekas luka dan diamkan semalaman. Lakukan cara ini selama beberapa malam dan liat hasilnya.

Teh Hijau
Teh hijau adalah bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan juga untuk menghilangkan bekas luka. Caranya hanya dengan mencelupkan kapas ke dalam teh hijau dan lakukan pemijatan pada bekas luka secara perlahan.

Minyak Zaitun
Cara alami yang terakhir untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Lakukanlah pemijatan pada bekas luka Anda dengan menggunakan minyak zaitun beberapa kali sehari.

Nah, itulah cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka. Mudah sekali, bukan? Dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan tentunya memungkinkan Anda untuk membuatnya sendiri di rumah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)