Herbal-Herbal Musuh Anemia

9 September 2009 Artikel Kesehatan


Yellow dock root (akar yellow dock)

Yellow dock merupakan salah satu herbal yang paling umum dianjurkan untuk penderita anemia. Herbal asli Eropa ini biasanya banyak tumbuh di pinggir jalan. Herbal ini kaya akan besi sehingga sangat efektif mengatasi anemia dan baik digunakan oleh perempuan hamil. Yellow dock mengandung komponen kimia seperti anthraquinone glycosides, tannins, resins, oxalates, dan besi. Selain itu, herbal ini juga mengandung fosfor, vitamin A, C dan kalisum. Yellow dock membantu membebaskan zat besi yang disimpan di hati sehingga bisa digunakan oleh seluruh bagian tubuh. Anda bisa menggunakan yellow dock dengan minum air rebusan akarnya.

Nettle (jelatang)

Meskipun tanaman ini bisa mengiritasi kulit dan menimbulkan gatal, tetapi herbal satu ini bisa dimasak dan dikonsumsi seperti bayam. Jelatang biasanya tumbuh di area yang teduh dan lembab. Anda bisa menggunakan dalam bentuk herbal kering, larutan obat, atau ekstrak dalam bentuk kapsul. Herbal ini seringkali dipadukan dengan daun buah prambos merah dan jerami oat kering, dan digunakan sebagai teh. Anda juga bisa menambah biji adas untuk mengoptimalkan hasilnya.

Dandelion dan akar burdock

Kedua tanaman ini seringkali dikombinasikan sebagai herbal untuk menangani anemia. Kedua tanaman ini bekerja dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Alfala

Tanaman satu ini sangat bernutrisi jika dikonsumsi dalam bentuk tablet. Dosisnya biasanya cukup besar, sekitar 18 tbalet per hari. Herbal ini lebih menyerupai makanan dibandingkan obat.

Gentian (Gentiana Lutea)

Tanaman ini seringkali digunakan di Eropa untuk mengatasi anemia. Herbal ini bekerja dengan cara menstimulasi sistem pencernaan agar lebih mudah menyerap besi dan nutrisi lainnya. Caranya, tambahkan satu sendok teh tepung kering gentian ke dalam 3 cangkir air. Minumlah setengah jam sebelum makan.

Spirulina (alga biru-hijau)

Herbal ini bisa mengatasi anemia microcytic dan macrocytic. Caranya, konsumsilah satu sendok teh spirulina per hari. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com