Hati-Hati Menggunakan Parfum!

11 September 2013 Artikel Kesehatan


Siapa yang tak senang menggunakan parfum? Parfum merupakan salah satu benda wajib untuk mendukung penampilan.

Benda satu ini biasa disemprotkan dipagi hari sebelum beraktivitas ataupun setelah beraktivitas untuk menghindari bau lepek dan menambah kesegaran maka menyemprotkan parfum bisa jadi salah satu caranya.

Tetapi kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan benda yang satu ini. Menurut ahli kecantikan mengungkapkan bahwa ada beberapa alat kosmetik yang memicu terjadinya iritasi kulit saat terkena paparan sinar matahari langsung. Salah satunya adalah parfum.

Menggunakan parfum dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet. Menggunakan parfum saat terik matahari meningkatkan resiko terkena alergi sinar matahari. Hal tersebut akan menyebabkan iritasi kulit yang ditandai dengan bagian kulit memerah, gatal perih dan lecet. Terlebih lagi pada kulit bagian belakang telinga dan leher.

Sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari dapat bereaksi terhadap kandungan karbon dan alkohol yang terdapat pada parfum. Reaksi kimia yang ditimbulkan tersebutlah yang memicu terjadinya iritasi kulit. Bukan hanya parfum semprot saja, menggunakan kosmetik yang mengandung retinol juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Para ahli kecantikan juga menyarankan untuk tidak menggunakan parfum atau kosmetik yang mengandung kadar alkohol atau retinol bila berada di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Hal ini untuk menghindari terjadinya iritasi kulit. Sebaiknya gunakan parfum berbahan ringan. Dan bila akan melakukan aktivitas di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari usahakan untuk menggunakan pelembab yang tidak mengandung parfum.

Menggunakan parfum memang sah-sah saja, tapi ingat yah kita juga harus memerhatikan kesehatan kita juga yaitu kulit.

(Dikutip dari berbagai sumber)