Hati-Hati! Makanan Ini Bisa Membahayakan Ginjal

15 Desember 2015 Artikel Kesehatan


Salah satu organ yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh adalah ginjal. Karena ginjal menyaring racun dan kelebihan asam dari darah, ginjal juga menempatkan buffer atau penetral asam ke dalam aliran darah dalam bentuk bikarbonat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya ginjal untuk sistem metabolisme tubuh, dan itu juga menjadi alasan mengapa ginjal akan menjadi terlalu banyak bekerja ketika Anda mengkonsumsil banyak obat (yang bersifat asam) atau makan diet pembentuk asam.

Perlu Anda ketahui bahwa ada makanan tertentu yang membantu membersihkan dan menyeimbangkan pH tubuh dan meringankan beban pada ginjal, ada juga makanan yang tidak hanya bersifat asam, tetapi sebenarnya merusak organ-organ penting. Inilah makanan yang tidak kita sadari dapat merusak kesehatan ginjal:

Garam
Bila pemakaian garam terlalu banyak pada makanan, garam dapat membahayakan ginjal, karena ginjal akan merespon dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit di aliran darah. Hal ini juga dapat mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Daging
Daging juga termasuk ke dalam makanan yang membahayakan ginjal, karena metabolisme protein hewani di dalam daging dapat memberatkan fungsi ginjal, sehingga ginjal kesulitan menyaring limbah tubuh. Penelitian mengatakan bahwa makanan yang kaya protein hewani meningkatkan risiko batu ginjal dan asam urat.

Minuman bersoda
Minuman bersoda dan minuman energi lainnya dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal. Minum 2 atau lebih minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi air putih dibanding minuman berwarna lainnya.

Kafein
Kafein di dalam teh, kopi, ataupun minuman soda itu semua dapat membahayakan ginjal dan membebani ginjal. Karena kafein bisa merangsang aliran darah yang dapat meningkatkan tekanan darah dan stres pada ginjal.

Agar ginjal tetap dalam kondisi prima dan bekerja secara maksimal tentunya Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi banyak air putih.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)