Hati-Hati! Konsumsi Minuman Panas Bisa Sebabkan Kanker

30 Juli 2016 Artikel Kesehatan


Kala musim hujan tiba, memang sangat cocok untuk minum atau konsumsi makanan panas. Namun, ada penelitian baru menunjukan fakta mengejutkan mengenai konsumsi makanan atau minuman panas.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh peneliti di lembaga kanker yakni World Health Organization's mengungkapkan bahwa minuman berupa kopi sama sekali tidak menyebabkan risiko kanker. Melainkan suhu panas pada kopi yang Anda minum.

Para peneliti mengungkapkan bahwa suhu panas pada minuman kopi merupakan salah satu hal yang dapat memicu risiko kanker. Tidak hanya kopi panas, melainkan juga makanan dan minuman apapun yang bersuhu panas.

Dalam penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa seseorang yang sering mengonsumsi minuman juga makanan panas dengan panas lebih dari 65 derajat celcius sangat memungkinkan menyebabkan risiko kanker kerongkongan.

Walau pun penelitian ini menyebutkan minuman juga makanan dengan suhu panas bisa memicu kanker, Gregory Hartl, juru bicara dari WHO di Jenewa mengungkapkan bahwa penelitian ini belum 100 persen dikatakan kebenarannya.

Meskipun begitu, para peneliti berpesan bahwa untuk mengonsumsi makanan atau minuman panas, pastikan untuk tidak langsung mengonsumsi dalam keadaan panas.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)