Hati-Hati! Kebiasaan Ini yang Bikin Cepat Gemuk

8 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Berat badan susah turun meski sudah melakukan berbagai usaha? Makan sedikit, olahraga dan sadar menghitung kalori, tapi angka di timbangan tidak kunjung berkurang? Semua orang tahu bahwa diet dan olahraga penting untuk menurunkan berat badan. Namun tanpa disadari oleh banyak orang, ada beberapa kebiasaan yang bisa menghalangi mereka untuk menurunkan berat badan. Tanpa disadari, kebiasaan sepele tersebut ternyata justru membuat mereka cepat gemuk!

Apa saja kebiasaan yang bisa menggagalkan diet dan justru membuat berat badan naik? Berikut ini daftarnya:
1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat Anda gagal menurunkan berat badan. Kurang tidur adalah salah satu faktor yang membuat orang terus merasa lapar dan memilih makanan yang manis-manis serta penuh kalori. Jika ingin menurunkan berat badan penuhi kebutuhan tidur Anda.

2. Makan buah sepanjang hari
Buah memang kaya akan nutrisi, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang menyehatkan tubuh. Namun makan buah terus-menerus justru bisa merusak rencana diet Anda. Hanya makan buah tanpa mengonsumsi makanan lainnya akan membuat Anda kekurangan nutrisi. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi lengkap untuk bisa berfungsi dengan baik, dan semua nutrisi itu tidak bisa didapatkan hanya dengan makan buah. Selain itu, buah juga mengandung gula yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

3. Kurang minum
Kurang minum juga bisa membuat Anda gagal diet. air memberikan manfaat kesehatan pada seluruh bagian tubuh mulai dari kulit, tulang, hingga kesehatan pencernaan. Kurang minum akan membuat tubuh merasa lemas dan seringkali diartikan sebagai rasa lapar. Ini bisa membuat Anda gagal menurunkan berat badan.

4. Menghilangkan semua jenis lemak
Tidak sedikit orang yang sedang menurunkan berat badan menganggap lemak sebagai musuh yang wajib dihindari, apapun bentuknya. Padahal tubuh juga membutuhkan lemak untuk memproduksi energi. Selain itu, tidak semua lemak buruk untuk tubuh. Lemak tidak jenuh seperti yang ada dalam kacang tanah, minyak zaitun, dan biji-bijian justru bisa membantu membakar kalori. Sebenarnya bukan lemak yang harus diwaspadai, melainkan beberapa zat lain seperti gula, zat kimia, dan bahan pengawet.

5. Tidak mencari saran
Ini adalah kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat ingin menurunkan berat badan. Mereka malas mencari saran nutrisi dan kesehatan dari ahlinya ketika memutuskan untuk berdiet. Diet yang salah tidak hanya akan membuat Anda cepat gemuk tetapi juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Karena itu, jangan asal melakukan diet. Cari dulu saran dari ahli, termasuk bagaimana tetap memenuhi nutrisi tubuh selama berdiet.

Jika Anda sering melakukan beberapa di antaranya sebaiknya segera hentikan sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)