Hati-Hati Jika Anda Kurang Tidur!

22 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari aktivitas tidur tersebut. Salah satunya yaitu tubuh akan lebih bugar dan segar ketika bangun. Sehingga kita siap menghadapi hari-hari yang berat dan melelahkan yang harus kita jalani hari ini. Sebaliknya, kurang tidur akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan tersebut. Inilah dampak buruk yang bisa dialami jika waktu tidur Anda kurang dari 7-8jam/hari, dan bila tidur Anda tidak nyenyak.

Apapun alasan Anda, kurang tidur tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa bahaya yang harus Anda ketahui:

1. Daya Tahan Tubuh Menurun
Tidur adalah proses regenerasi sel dari dalam. Bila Anda kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh Anda melemah. Tubuh Anda akan mudah terserang virus yang ringan sekalipun, flu dan batuk misalnya. Sekalipun Anda mengatur pola makan, tanpa diimbangi tidur yang berkualitas, daya tahan tubuh Anda tidak akan prima.

2. Emosi Tidak Stabil dan Sulit Berpikir
Tidur dapat menurunkan tingkat stres, sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Kurang tidur akan membuat otak Anda tidak mendapat jatah istirahat yang cukup. Tubuh Anda pun mengalami kelelahan karena tidak mendapat perbaikan alami yang terjadi pada saat tidur. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan Anda menjadi depresi akibat kelelahan. Emosi Anda menjadi tidak stabil dan konsentrasi Anda akan menurun. Anda akan kesulitan untuk berpikir dan memecahkan masalah, bahkan untuk masalah yang paling ringan sekalipun. Anda bahkan menjadi mudah pikun dan ceroboh akibat kurang tidur.

3. Rentan terserang diabetes
Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam tubuh anda. Jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan efek buruk. Dalam penelitian yang dilakukan universitas Chicago,AS, yang meneliti sejumlah orang selama 6 hari, mendapatkn kondisi ini bisa mngembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Mereka yang tidur kurang dari 6 jam permalam dalam penelitian 6 hari ini menemukan, terjadi metabolisme gula yang tidak semestinya. Akibatnya bisa menyebabkan timbulnya diabetes

4. Risiko kanker lebih tinggi
Olahraga membantu mencegah kanker, tetapi terlalu sedikit memejamkan mata dapat merusak efek pelindungnya. Johns Hopkins Bloomberg School of public health study meneliti hampir 6000 wanita selama sekitar 1 dekade dan menemukan bahwa pengemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit permalam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik. Pasalnya, kualitas yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan dikaitkan dengan resiko kanker.

Dampak yang mengerikan untuk kesehatan akan mengincar Anda jika terus mengabaikan tidur yang berkualitas dan kurangnya waktu tidur. Tidurlah bila sudah waktunya Anda untuk beristirahat. Dengan tubuh sehat dan cukup beristirahat, Anda bebas beraktivitas sepanjang hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbgai sumber)