Hati-Hati! Jangan Lakukan Ini Saat Perut Kosong

2 Mei 2016 Artikel Kesehatan


Perut yang kosong memang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Apalagi waktu pagi ketika lupa sarapan, aktivitas kita tentu akan terganggu karena rasa lapar yang tidak bisa ditahan. Ketika Anda merasakan lapar, tentu hal pertama yang lakukan adalah mengisi perut dengan makanan. Tetapi ingat, makanan yang pertama yang masuk dalam perut harus makanan yang sehat dan terutama tidak mengandung asam. Selain mengisi perut dengan makanan, Anda juga perlu menghindari beberapa hal saat merasa perut Anda kosong.

Berikut ini hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika perut sedang kosong:
1. Minum kopi

Kopi merupakan minuman yang digemari oleh kebanyakan orang. Namun kopi juga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, begitu pula jika dikonsumsi sebelum makan. Kopi yang dikonsumsi sebelum makan akan dapat menyebabkan hormon dalam tubuh tidak seimbang dan lebih besar resiko terserang stres.

2. Makan pedas
Makanan pedas memang enak dan menggoda lidah. Namun, jika perut masih kosong lalu makan makanan yang pedas-pedas, perut Anda tentu akan merasa sakit, dan bahkan bisa menimbulkan maag dalam jangka panjang. Sama halnya dengan makanan asam yang dikonsumi saat perut kosong.

3. Minum soda
Ketika soda dikonsumsi pada waktu perut sedang kosong, asam yang terdapat pada minuman bersoda akan bercampur dengan asam lambung pada perut. Dan waktu hal itu terjadi, maka bisa menimbulkan efek mual dan iritasi dalam usus.

4. Minum obat
Dinding perut akan mengalami iritasi apabila minum obat dalam keadaan perut kosong. Obat juga dapat menambah keasaman dalam lambung. Itulah sebabnya kebanyakan obat dianjurkan diminum sesudah makan.

5. Olahraga
Olahraga memang baik untuk kesehatan namun sebaiknya hindari olahraga atau aktivitas yang berat saat perut Anda kosong atau belum makan. Disamping tubuh belum siap, olahraga pada saat perut kosong hanya akan membakar otot bukan lemak.

Jadi, jangan sekali-kali melakukan hal diatas disaat perut Anda kosong.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)