Hati-Hati, Ini Sebab Radang Selaput Otak Bisa Menular

10 September 2019 Artikel Kesehatan


Penting sekali mengetahui apa penyebab dari meningitis atau radang selaput otak. Ada banyak sebab yang bisa diidentifikasi, kebanyakan adalah infeksi bakteri atau karena jamur. Sayangnya, penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dapat menular. Bakteri atau virus yang menyebabkan meningitis dapat menular melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi atau rokok. Risiko tertular meningitis akan semakin besar jika Anda tinggal atau bekerja bersama seseorang dengan penyakit ini.

Berikut jenis meningitis yang bisa terjadi dan kemungkinan menular ke sesama:
1. Disebabkan virus

Meningitis karena infeksi virus lebih sering terjadi daripada meningitis yang disebabkan bakteri. Umumnya, meningitis virus ini mudah menular namun juga merupakan meningitis ringan dan mudah sembuh.

2. Disebabkan bakteri
Meningitis akut yang disebabkan oleh bakteri biasanya terjadi ketika bakteri memasuki aliran darah dan berpindah ke otak dan sumsum tulang belakang, dan meningitis karena infeksi bakteri adalah yang paling tinggi potensinya bisa mengancam jiwa.

3. Disebabkan jamur
Meningitis karena jamur relatif jarang terjadi dan namun bisa menjadi meningitis kronis dan bisa mengancam jiwa. Kadang hampir mirip meningitis bakteri akut. Namun, meningitis karena jamur ini tidak menular dari orang ke orang.

Apa pun jenis meningitis yang mungkin terjadi, yang paling penting adalah menjaga kesehatan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)