Hati-Hati! Ini Penyakit Serius yang Bisa Ditularkan Kucing

26 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan favorit di rumah. Tapi bukan berarti kehadirannya tidak menimbulkan risiko kesehatan. Bahaya bulu kucing merupakan salah satu yang perlu diwaspadai. Meski bukan sebagai penyebab utama, parasit atau bakteri dapat menempel pada bulu kucing saat binatang tersebut bermain di lingkungan yang kotor atau tengah menjilat dirinya. Selain itu, beberapa kelompok orang, seperti ibu hamil dan orang yang mengalami penyakit gangguan daya tahan tubuh lebih berisiko terhadap efek bulu kucing.Memiliki hewan peliharaan berupa kucing bisa menjadi pereda stres dan sangat baik untuk perkembangan anak. Namun memelihara kucing juga memiliki sisi negatif .

Berikut beberapa penyakit yang bisa ditularkan kucing Anda:
1. Terinfeksi cacing gelang, cacing tambang, dan cacing pita

Bukan hanya anak kucing, anak anjing pun juga bisa menularkan ketiga jenis cacing di atas. Proses penularan bisa terjadi lewat sentuhan dengan air liur atau kotoran kucing yang terinfeksi parasit atau makan makanan dari sampah. Telur cacing masuk ke tubuh dan tumbuh di dalam sistem pencernaan.

2. Kurap
Kucing yang masih kecil lebih mungkin menularkan penyakit daripada kucing yang sudah dewasa. Kurap disebabkan oleh jamur dan mengakibatkan efek kasar pada kulit, bersisik, dan ruam kemerahan yang gatal. Ini bisa ditularkan dari kucing yang terinfeksi atau kurang bersih.

3. Toxoplasma
Ini adalah penyakit yang paling umum ditularkan kucing. Sebaiknya wanita menghindari kucing apalagi saat mereka sedang hamil karena berbahaya untuk janin. Toxoplasma bisa menular ke manusia melalui feses (kotoran) kucing atau tanah yang tercemar. Toksoplasmosis menyebabkan gejala seperti flu yang biasanya hilang dalam beberapa minggu, tetapi parasit masih dapat hidup di dalam tubuh.

Untuk mencegah terserang penyakit-penyakit di atas, Anda bisa langsung mencuci tangan segera setelah berpegangan dengan kucing, dan sebaiknya pastikan kucing Anda sehat dengan menjaga kebersihannya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)