Hati-Hati! Ini Efek Buruk Soda untuk Kesehatan

25 Juli 2017 Artikel Kesehatan


Disaat cuaca yang panas terik di dalam pikiran kita pastinya menganggap minuman bersoda sangat segar untuk diminum. Selain rasanya yang nikmat, sensasi minum-minuman bersoda juga memberi kesan berbeda dibandingkan minum minuman yang lain. Bahkan ada sebagian orang yang selalu menyediakan minumn bersoda di dalam lemari pendingin di rumah. Tapi tahukan bahwa minuman bersoda memberi dampak buruk bagi kesehatan kita? Bahaya minuman soda bagi kesehatan sudah tentu tidak boleh dianggap sepele. Berikut alasan mengapa harus jauhi minuman bersoda demi kesehatan kita:

Meningkatkan Berat Badan

Untuk Anda yang tengah menjalani program diet, mengkonsumsi soda jelas bukan pilihan yang bijak. Hal ini ditunjukan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Universisity of Texas Health Science Center yang mengungkapkan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi soda, maka akan semakin besar resiko orang tersebut mengalami overweight atau kelebihan berat badan.

Masalah Untuk Kesehatan Kulit

Tahukah Anda konsumsi minuman bersoda yang berlebihan dapat berdampak pada permasalahan kulit dan membuat kulit mengalami penuaan lebih dini. Hal ini disebabkan minuman bersoda dapat menurunkan tingkat pH dalam tubuh, yang mana jika hal ini terjadi maka tubuh Anda akan mudah sekali terserang jerawat dan membuat kulit cenderung lebih kusam dan tidak cerah.

Meningkatkan Resiko Berkembangnya Diabetes

Mereka yang mengkonsumsi soda setiap harinya atau bahkan hingga lebih dari satu kali perharinya disebut-sebut memiliki resiko sebanyak 25% lebih besar untuk meningkatkan berkembangnya diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi tidak lebih dari satu minuman yang mengandung gula setiap harinya.

Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

Konsumsi soda yang dijadikan sebagai gaya hidup dikaitkan dengan peningkatan resiko serangan jantung hal ini dikemukakan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Miami bahwa mereka yang mengkonsumsi soda setiap hari memiliki resiko sebesar 44 % lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Mempengaruhi Mood Seseorang

Kandungan aspartam yang ada pada soda dan minuman bersoda dapat memicu seseorang untuk mengalami sakit kepala dan bahkan hingga penurunan mood. Hal seperti ini lebih cenderung mudah terjadi pada mereka yang memiliki kecenderungan untuk merasakan kecemasan atau depresi.

Jadi pada intinya, efek buruk minuman bersoda akan terlihat jelas ketika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Meski begitu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika kita menekan konsumsi minuman bersoda dan meningkatkan konsumsi air putih.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)