Hati-Hati! Ini Bahaya Minum Kopi untuk Wanita

17 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Anda suka minum kopi? Minuman ini tentunya sudah tidak asing lagi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan sebagian besar orang mengkonsumsinya. Selain rasanya yang lezat dan dipercaya dapat meningkatkan semangat terutama di pagi hari, kopi juga dapat membantu menahan kantuk. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata kopi pun memiliki dampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi kaum hawa. Ada dua kandungan berbahaya yang terdapat di dalam kopi, yaitu kafein dan niacin.

Kafein sendiri adalah stimulant Sistem Saraf Pusat (SSP). Kafein berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus. Sementara itu, niacin adalah bentuk lain dari vitamin B3. Sebenarnya niacin dapat mengobati beberapa penyakit seperti pusing, migrain, kolesterol dan lain sebagainya. Akan tetapi jika Anda mengkonsumsinya berlebihan, maka akan memicu penyakit gagal ginjal.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi kopi bagi wanita:
1. Caffenism

Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan sindrom yang dialami setelah minum kopi berupa cemas, gelisah, dan gangguan tidur. Kafein pada kopi merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon penyebab stres. Akibatnya, gula dalam darah naik, detak jantung meningkat, dan otot jadi kaku.

2. Gangguan pencernaan
Jika konsumsi kopi dan kafein berlebih tidak dihentikan, senyawa yang terkandung di dalamnya bisa merusak lapisan lambung dan memicu berbagai gangguan pencernaan. Kafein juga membuat respon asam meningkat dan menyebabkan diare atau sembelit.

3. PMS
PMS adalah gejala nyeri menjelang atau selama siklus haid pada wanita. Selain nyeri, kembung, kram, dan sakit kepala juga sering dikeluhkan oleh kaum hawa. Bisa jadi PMS tersebut dipicu oleh konsumsi kafein berlebihan. Sebab kafein sifatnya menurunkan kandungan vitamin B dan mengganggu metabolisme.

4. Kehamilan
Kafein dan nikotin bisa menjadi beracun jika dikonsumsi berlebihan selama hamil. Setidaknya, ibu hamil pun mengonsumsi dua cangkir kopi sehari saja. Jika diminum berlebihan, ibu berisiko melahirkan bayi prematur, keguguran, dan berbagai komplikasi yang membahayakan.

5. Keguguran
Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau konsumsi kopi berkafein tinggi berkaitan erat dengan kasus keguguran. Pasalnya janin juga menerima asupan kopi dari plasenta ibu hamil. Namun karena tubuhnya belum sanggup memecah senyawa dalam kopi, janin pun terancam nyawanya.

Itulah berbagai efek samping minum kopi bagi wanita. Minumlah kopi sewajarnya sehingga Anda pun akan terhindar dari berbagai bahaya di atas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)