Hati-Hati! Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

29 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Sebagai salah satu organ penting bagi tubuh, jantung memiliki fungsi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jantung adalah organ pada manusia yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Fungsi dari jantung adalah untuk memompa darah untuk disebarkan keseluruh tubuh. Gejala penyakit jantung seperi rasa sakit di dada, keringat dingin dan merasa lemas, merupakan gejala yang umum dan telah banyak diketahui masyarakat. Namun hati-hati, beberapa gejala sederhana ini bisa jadi tanda-tanda Anda penyakit jantung.

Cepat lelah

Jika sebelumnya Anda merasa baik-baik saja saat menaiki tangga, dan kini merasa lelah dan ngos-ngosan, Anda perlu mencermati gejala itu. Selain itu, jika pada saat bangun tidur Anda tiba-tiba merasa agak sulit bernapas, Anda sebaiknya tidak menganggapnya sepele.

Kelelahan

Gejala ini merupakan gejala yang paling sering timbul pada penderita penyakit jantung perempuan. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan rasa lelah yang membuat mereka tidak bisa melakukan pekerjaan mereka sehari-hari. Jika Anda mengalami gejala seperti ini, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

Sakit di punggung, tangan dan dada

Rasa sakit di bagian punggung, tangan dan dada adalah gejala lain dari penyakit jantung. Karena penyakit ini tidak diiringi rasa sakit di bagian dada, kebanyakan orang menganggapnya sepele dan bukan gejala penyakit jantung. Jika Anda sering merasakannya, sebaiknya Anda tidak mengabaikannya.

Sakit perut dan muntah

Gejala sakit jantung terkadang hampir sama dengan masalah yang terjadi pada perut seperti mual dan muntah. Jika tiba-tiba Anda mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter.

Merasa ada yang tidak beres

Sebagian besar pasien sakit jantung mengaku bahwa mereka merasa bahwa sesuatu sedang tidak beres. Mereka memiliki feeling tentang penyakit mereka. Jika Anda memiliki perasaan demikian, ikutilah dan segeralah kunjungi dokter kepercayaan Anda.

Mengingat bahaya penyakit jantung yang mengancam kehidupan, mencegah atau mengurangi resiko penyakit jantung adalah cara yang terbaik. Selain dengan menjaga pola makan, olah raga teratur juga sangat membantu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)