Hati-Hati, Dehidrasi Bisa Menyebabkan Hal Ini

8 Juli 2015 Artikel Kesehatan


Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan dalam upaya menjaga kesehatan. Seperti yang kita ketahui, air menjadi unsur terbesar yang ada pada tubuh manusia. Sayangnya, meski kita tahu bahwa memenuhi kebutuhan tubuh akan air putih adalah hal yang wajib, faktor lupa hingga malas minum seringkali menyebabkan tubuh kita dehidrasi. Padahal, dehidrasi bukanlah yang sepele dan bisa saja berdampak fatal!

Berikut beberapa dampak akibat dehidrasi yang penting untuk diketahui:
1. Kulit kusam dan kering

Sebagai bagian terluar tubuh, kulit menjadi indikator akurat terhadap kondisi kesehatan, kecukupan air salah satunya. Ketika kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik, kondisi kulit pun akan terlihat segar, lembap, dan elastis. Tapi sebaliknya, ketika tubuh akan air tidak terpenuhi, kulit akan terlihat kering, kusam, dan tidak menyenangkan ketika disentuh. Jadi, kalau ingin kulit Anda mulus dan bagus, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan air.

2. Bau napas
Seringkali dianggap sepele, nyatanya kurang minum bisa menyebabkan nafas Anda menjadi tidak segar dan berbau. Seperti yang kita tahu, di dalam mulut terdapat air liur. Air liur ini berguna sebagai antibakteri di dalam mulut. Dalam kondisi dehidrasi, produksi air liur sebagai antibakteri akan berkurang sehingga bakteri dalam mulut pun bisa berkembang lebih cepat. Hal inilah yang kemudian menimbulkan bau mulut dan nafas tak segar. Untukmu yang aktif dan senang bersosialisasi, tentunya hal ini akan sangat mengganggu kan?.

3. Selalu merasa laper
Seperti yang terungkap pada sejumlah jurnal ilmiah tentang kesehatan, manusia pada umumnya sering kesulitan membedakan rasa lapar dan haus. Karenanya, ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, rasa lapar yang tidak kunjung usai bisa saja terjadi dan mengakibatkan kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang tidak wajar.

4. Kram otot
Tahukah Anda? Ternyata kram otot tidak hanya terjadi karena otot kaget. Dehidrasi juga menjadi salah satu faktor utama kram terjadi saat olahraga. Ketika tubuh kekurangan cairan, jumlah elektrolit, natrium, dan kalium dalam tubuh pun akan berubah sehingga risiko terjadinya kram otot meningkat.

5. Menyebabkan sembelit
Usus akan kekurangan cairam ketika Anda mengalami dehidrasi. Karena faktor inilah kasus sembelit pun terjadi. Sembelit akan menyebabkan Anda kesulitan saat buang air besar. Parahnya lagi, jika sembelit terjadi berkepanjangan maka bisa menyebabkan pendarahan dan wasir.

Untuk mencegah masalah ini terjadi, biasakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak mengkonsumsi air. Paling tidak Anda harus minum 8 gelas setiap harinya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)