Hati Ayam Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

2 Juni 2014 Artikel Kesehatan


Hati ayam termasuk dalam bahan makanan yang sering diolah oleh masyarakat Indonesia. Selain lezat, ternyata hati ayam memiliki sejumlah zat gizi yang baik. Beberapa orang mungkin menghindari memakan hidangan yang lezat ini karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Mengonsumsi hati ayam dengan tanpa berlebihan juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata karena hati unggas ini memiliki kandungan vitamin A.

Manfaat hati ayam untuk kesehatan mata

Selain manfaat yang telah diulas di atas, hati ayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Untuk menjaga agar mata tetap sehat, sesekali Anda boleh memasukkan hati ayam ke dalam menu makanan sehari-hari asalkan tidak berlebihan. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan juga perlu untuk mengonsumsi hati ayam secara teratur untuk memenuhi gizi dalam tubuh mereka sehingga pertumbuhan badan termasuk organ penglihatan dan perkembangan otak dapat berlangsung optimal.

Kandungan gizi pada hati ayam

Hati ayam mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita seperti folate, zat besi, zinc, dan vitamin B12, seperti yang kita ketahui zat-zat tersebut dapat menstimulasi produksi sel darah merah, sehingga orang yang menderita anemia, ibu hamil, atau sedang sakit sangat dianjurkan untuk mengonsumsi hati ayam. Selain itu manfaat hati ayam yang lain adalah dapat meningkatkatkan sistem imunitas tubuh karena mengandung protein dan beberapa mineral.

Demikianlah manfaat hati ayam bagi kesehatan kita, disarankan Anda lebih memilih hati ayam kampung untuk diolah dalam berbagai hidangan karena ayam kampung dipercaya lebih sehat daripada ayam pedaging.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)