Hari Tuberkulosis Dunia 2015

24 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Pada hari ini, organisasi dunia WHO (World Health Organization) menetapkan setiap tanggal 24 Maret sebagai Hari Tuberkulosis Dunia. Hal ini merupakan bentuk nyata gerakan melawan TB. Sebagai penyakit menular yang sangat mematikan di dunia, TB seharusnya menjadi perhatian khusus dan butuh pencegahan serta penanganan yang tepat bagi penderitanya.

Di Indonesia sendiri, penyakit TB menjadi perhatian khusus, pasalnya Indonesia menempati urutan ke-4 dunia dalam hal jumlah pasien penderita TB. Menurut data di tahun 2013, TB di Indonesia memiliki total kasus mencapai 800.000 - 900.000 kasus di tahun 2013. Angka yang sangat fantastis.

Apa Itu Tuberkulosis (TB)?

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycrobacterium. TB menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara.

Penyakit ini menyerang segala usia. Dari usia anak hingga dewasa dengan perbandingan yang sama laki-laki maupun perempuan. Biasanya penyakit TB ini banyak ditemukan pada pasien yang tinggal di daerah dengan tingkat kepadatan tinggi sehingga masuknya cahaya matahari ke dalam rumah sangat minim.

Untuk masalah pendeteksian atau pemeriksaan adanya penyakit TB, segeralah periksa ke dokter dan mengikuti serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan radiologis.

Apa saja gejalanya?

Penderita yang menderita TB memiliki gejala awal seperti kelelahan, kehilangan berat badan, berkeringat di malam hari dan bahkan jika lebih buruk, gejala TB yang timbul seperti rasa sakit pada dada, batuk darah bahkan sesak nafas.

Tindak Pencegahan

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, Anda harus tahu apa saja hal yang dapat mencegah penyakit ataupun penularan TB. Dengan memelihara kesehatan tubuh, pengobatan dini jika merasakan gejalanya, sarana yang mendukung serta melalui vaksin sejak dini.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Tuberkulosis Dunia 2015 ini, menjadikan inspirasi dan mengingat betapa pentingya menjaga kesehatan dan menghindari penyakit menular yang sangat mematikan ini.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)