Artikel Kesehatan
30 September 2009

Harapan Hidup Penderita Kanker Payudara

Operasi, baik untuk mengangkat bagian yang terserang tumor maupun seluruh payudara, merupakan penanganan utama pada hampir sebagian besar pasien."Tetapi jika kanker sudah menyebar, biasanya operasi hanya ditawarkan jika pasien kesakitan atau mengalami gejala lain," tutur salah seorang peneliti, Jetske Ruiterkamp, MD, seperti dikutip situs webmd.

Untuk menemukan peran operasi dalam meningkatkan daya tahan hidup pasien, para peneliti memelajari kembali data medis dari 728 pasien kanker payudara yang terdiagnosis pada stadium lanjut. Empat puluh persen dari mereka melakukan operasi untuk mengangkat tumor payudara utama.

Studi menemukan, pasien yang melakukan operasi hidup lebih lama (angka rata-rata 31 bulan) dibandingkan mereka yang tidak (14). Bahkan 24.5 pasien yang menjalani operasi masih hidup hingga 5 tahun ke depannya sedang hanya 13.1 pasien tanpa operasi yang bisa bertahan hidup mencapai rentang waktu ini.

Menurut Ruiterkamp, operasi tetap mengurangi risiko kematian hingga 40 bahkan setelah memperhitungkan faktor usia, waktu diagnosis, jumlah area yang telah mengalami penyebaran, dan perbedaan jenis pengobatan."Penemuan ini bisa mengarahkan perubahan dalam sistem pengobatan," terang dia dalam pertemuan the European Cancer Organization dan the European Society of Medical Oncology (ESMO).

Bagimana proses dibaliknya? Menurut presiden ESMO Jose Baselga, MD, operasi bisa memperpanjang angka harapan hidup dengan cara menyerang akar tumor."Tumor awal sama seperti waduk yang menjadi benih stem cells kanker, yang akan menjadi bahan bakar pertumbuhan dan penyebaran kanker." Karena itu, terang dia, mengangkat tumor berarti mengurangi jumlah sel-sel tumor yang bersirkulasi di seluruh tubuh.

Selain itu, terang Baselga, ada kemungkinan kalau operasi mengaktifkan kembali sistem perlawanan tubuh terhadap kanker. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris