Handyscope, Aplikasi iPhone Pendeteksi Kanker Kulit

9 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Kini, iPhone Anda juga bisa digunakan sebagai gadget pendeteksi kanker kulit. Kecanggihan itu berkat aplikasi baru yang dinamakan handyscope.

Alat luar biasa berbentuk baru seperti steker ini bisa digunakan hanya dengan mencolokkannya ke smartphone Apple Anda lalu digunakan aplikasi sehingga iPhone Anda berubah menjadi dermatascope, semacam alat yang digunakan dokter untuk mengidentifikasi melanoma. Namun memang, sayangnya alat seharga 995 pounds ini belum bisa digunakan pada ponsel biasa.

Perangkat ini menggunakan cahaya polarisasi untuk mendeteksi kanker kemudian mengambil gambar dan mengirimkannya ke dokter untuk diperiksa. Gambar bahkan dapat diunggah ke layanan pendapat kedua. Dengan begitu, spesialis lainnya juga bisa memberikan pandangan mereka.

Di sisi lain, para ahli kanker pun menyambut baik kehadiran teknologi ini. "Ini merupakan teknologi yang memudahkan kami dalam mendiagnosis kanker," kata Dr David Pye, seorang peneliti kanker yang berbasis di Salford University, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (5/2).

"Ini pertama kalinya saya melihat orang di seluruh dunia bisa mengirimkan gambar untuk diagnosis oleh para ahli," tambahnya. Handyscope dibuat perusahaan Jerman, FotoFinder. Alat ini pun bisa dibeli secara daring dan aplikasinya dapat dibeli dari toko iTunes Apple.

Sumber: mediaindonesia.com