Hancurkan Sel Lemak dengan USG

9 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Ada terobosan baru dalam upaya menghancurkan lemak tubuh yakni dengan gelombang ultrasonografi (USG). Para peneliti kini tengah menganbangkan teknik menggunakan gelombang USG untuk menghancurkan sel-sel lemak dalam tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Teknik yang dinamai intensitas tinggi terfokus USG (HIFU) ini dinyatakan tidak menyebabkan kerusakan pada jaringan sehat di dekat sel lemak yang hancur kata peneliti kepada Daily Mail, Senin (7/3).

Biaya untuk teknik ini mencapai antara 1.500-2.000 pounds. Teknik ini tidak dapat digunakan oleh pasien obesitas yang tidak sehat, tapi bisa diterapkan pada mereka yang sebelumnya telah menjalani diet ketat. Dengan begitu, teknik ini bisa membantu menghancurkan sisa-sisa lemak seperti pinggul dan bokong.

Teknik ini akan membunuh sel-sel lemak. Selama tiga atau empat bulan berikutnya, tubuh akan membuang jaringan-jaringan mati sehingga timbunan lemak pun menghilang.

Mark Whiteley, ahli bedah vaskuler senior dari Guildford, Surrey, telah menguji teknik ini pada 23 orang. "Hasil uji coba yang kami lakukan terbilang sangat baik. Dari studi sebelumnya, tampak bahwa HIFU dan cryolipolysis (pembekuan lemak) adalah dua metode penghancuran lemak nonbedah yang menjanjikan," katanya.

"Teknik lainnya seperti menggunakan laser atau jenis lain dari USG tidak bekerja maksimal karena hanya merusak sel-sel lemak, tidak menghancurkannya sehingga sel-sel bisa tumbuh kembali." (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com