Hal Kecil Penyebab Anda Menjadi Bungkuk!

3 Juli 2013 Artikel Kesehatan


Tidak hanya pada orang lansia, kita pun yang masih muda juga lebih rentan kepada punggung yang bungkuk. Mengapa rentan? Karena secara tidak sadar kita telah melakukan aktivitas yang melibatkan punggung kita. Memang pada awalnya tidak begitu merasakan dampaknya ketika masih muda namun pada saat yang mendatang bisa - bisa anda akan mengalami pembungkukan tulang atau lebih dikenal dengan osteophorosis.

Tidak hanya itu, postur tubuh bungkuk atau cenderung miring ke kanan/kiri membuat penampilan seseorang kurang menarik. Mereka yang memiliki masalah postur ini sering dianggap sebagai seseorang yang tidak percaya diri, malas atau tidak punya gairah hidup. Tentu saja hal ini akan membuat malu diri sendiri.

Apa yang membuat kita membungkuk? Kebiasaanlah yang membuat tubuh kita terpaksa membungkuk secara berlebihan. Saat mengangkat benda yang berat, kita melakukan gerakan tubuh yang salah sehingga terkadang mengalami sakit pada sekitar punggung atau di pinggang. Jika dibiarkan, hal ini akan mempengaruhi kesehatan anda dalam jangka yang lama.

Untuk itu, sebelum mencegah serta mengobatinya anda perlu tahu kebiasaan mana saja yang secara tidak anda sadari dapat mengakibatkan pinggang dan punggung menjadi bungkuk. Kebiasaan apa saja? Berikut kebiasaan penyebab anda rentan bungkuk.

1. Faktor genetik keturunan
Salah satu dari orangtua Anda bungkuk, kemungkinan besar Anda akan mengalami hal yang sama. Terkadang sekuat apapun Anda berusaha menahan tubuh tetap tegap, gen bawaan tetap bisa menghalangi Anda mendapatkan postur tubuh yang benar. Tidak perlu khawatir untuk menangani hal ini. Postur bungkuk karena faktor genetik bisa diatasi dengan menemui dokter tulang atau fisioterapi. Lebih dini lebih baik, dan penanganannya pun lebih mudah dan cepat.

2. Kebiasaan yang kurang baik
Terkadang cara jalan atau cara kita memegang sesuatu juga bisa berkontribusi menyebabkan postur tubuh tidak sempurna. Contoh saja jika Anda selalu jalan sambil menundukkan kepala atau mengerutkan bahu, makan akan membuat postur tubuh lebih condong ke depan. Memanggul tas hanya pada salah satu bahu juga jadi penyebab tidak seimbangnya postur tubuh yang lebih cenderung miring ke kanan atau kiri.

3. Nutrisi makanan yang kurang
Tulang punggung dan belakang memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kuat dan tegap. Kekurangan nutrisi serta minimnya asupan vitamin dan kalsium bisa membuat tulang dan otot tidak cukup kuat dan fleksibel untuk membentuk postur tubuh yang sempurna.

4. Kebiasaan buruk saat bekerja
Orang-orang yang bekerja di belakang meja, cenderung sering memajukan leher dan kepalanya ke depan, juga membungkukkan badan. Faktor ini akan mengurangi kemampuan tubuh untuk menjaga posisi tulang belakang tetap lurus dan tegap.

5. Sering menahan rasa sakit
Ketika merasakan sakit di otot punggung, leher atau bagian tubuh manapun, Anda cenderung akan membentuk posisi melingkar atau meringkuk untuk menahan rasa sakit. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, bisa menjadi kebiasaan. Saat merasakan sakit di perut, kepala atau bagian lainnya, usdahakan tidak menahannya dengan cara meringkuk. Tapi terlentang. Segera konsultasikan ke dokter apabila rasa sakit tak kunjung hilang.

6. Berat badan yang berlebih
Berat yang terlalu berlebih juga bisa jadi salah satu penyebab postur yang bungkuk. Wanita dengan ukuran payudara terlalu besar juga berpotensi mengalami tubuh bungkuk, karena beban lebih banyak di bagian dada. Sementara orang yang kelebihan lemak di daerah perut, tulang punggung bagian bawah akan cenderung condong ke depan karena memikul beban di perut.

7. Berbusana yang tidak tepat
Pemakaian baju dan sepatu yang kurang tepat juga bisa memberi efek negatif pada postur Anda. Wanita yang sering jalan menggunakan sepatu berhak tinggi dan tipis, lebih berisiko mengalami gangguan pada postur. Selain high heels, mengenakan boots, baju ketat, jeans berpotongan pinggang rendah dan belt besar juga bisa mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Untuk itu jika Anda mengenakan sesuatu yang kurang nyaman, tubuh akan mengalami perubahan pusat gravitasi sehingga posturnya cenderung bungkuk, condong ke depan, miring atau perut yang maju.

(Dikutip dari berbagai sumber)