Hal Berikut Ini Penyebab Kebotakan pada Pria

8 Mei 2018 Artikel Kesehatan


Kebotakan merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada rambut. Masalah ini bisa terjadi pada perempuan ataupun laki-laki, namun umumnya banyak terjadi pada kaum laki-laki. Masalah kebotakan biasanya diawali dengan rambut yang mudah rontok dan patah. Rambut yang rontok ini biasanya dimulai dari dahi dan makin lama makin mundur, sehingga menyebabkan kebotakan di daerah depan kepala.

Kasus kebotakan memang merupakan mimpi buruk bagi pria. Menjelang usia senja, banyak sekali pria yang kehilangan helai-helai rambutnya, yang pastinya sulit bahkan mustahil untuk tumbuh kembali. Tetapi banyak juga pria yang mengalami kebotakan dalam usia muda atau biasa disebut kebotakan dini. Para ahli menunjukkan bahwa penyebab utama penipisan rambut adalah gaya hidup, pola makan, dan stres.

Berikut penyebab kebotakan pada pria:
1. Genetika

Seorang anak laki-laki selalu berpatokan pada ayahnya bila membayangkan bagaimana kondisi rambutnya di masa depan, padahal bukan. Pola kebotakan pria justru diwariskan gen dari sisi ibu.

2. Pola makan yang buruk
Rambut terbuat dari sejenis protein. Jika menu makan Anda dijejali junk food, lemak, dan garam, sudah tentu tubuh Anda akan kekurangan protein sehingga rambut pun menipis. Terlalu sedikit zat besi juga menjadi salah satu penyebab kebotakan.

3. Perawatan rambut
Berbagai jenis gaya rambut yang menarik folikel, seperti ekor kuda dan pewarnaan akan menyebabkan percepatan kerontokan rambut. Produk perawatan, kimiawi seperti pewarna, pengeriting rambut, dan pengering juga dapat melemahkan dan merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok dan tipis lebih cepat.

4. Keramas berlebihan
Ini juga salah satu alasan lagi kenapa rambut menipis. Kulit kepala mengandung minyak alami yang membantu rambut Anda agar tetap sehat. Dengan menyingkirkan minyak ini dengan bahan kimia yang terkandung dalam sampo, kulit kepala justru akan kering dan rapuh sehingga mudah rontok.

5. Kurangnya sirkulasi
Ini juga menyebabkan kebotakan dan rambut menipis. Setiap helai rambut memiliki folikel yang didukung oleh aliran darah Anda. Jika Anda mengalami masalah sirkulasi atau gizi buruk, ini dapat menyebabkan rambut rontok.

6. Stres
Ini merupakan penyebab utama penipisan rambut. Ketika Anda mengalami stres kronis, hormon Anda akan turut kacau. Ini menyebabkan ketidakseimbangan dan akhirnya menyebabkan rambut menipis.

Kebotakan rambut sangat sulit bahkan hampir mustahil untuk disembuhkan. Untuk itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi kebotakan adalah dengan mencegahnya sedini mungkin.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)