Haid Tidak Teratur? Atasi dengan Jus Pepaya

28 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Wanita akan menjadi gampang frustasi dan cemas kalau mendapati haid yang sedang dirasakannya tidak berjalan dengan teratur. Karena seringkali haid yang tidak teratur berkaitan dengan penyakit atau masalah kesehatan reproduksi.

Lalu bagaimana kalau hal ini terjadi? Minumlah jus pepaya! Buah pepaya banyak mengandung vitamin A, C, dan B. Sehingga dalam satu gelas jus pepaya, secara tidak langsung anda bisa memenuhi 10% kebutuhan potasium dan 13% kebutuhan tembaga harian Anda. Ditambah kandungan folat yang ada dalam pepaya juga bisa membantu menjaga kesehatan jaringan.

Terus bagaimana caranya pepaya bisa membantu melancarkan menstruasi? Buah yang mempunyai daging berwarna orange ini diklaim bisa memberikan 'kehangatan' bagi tubuh yang bisa merangsang produksi estrogen. Hasilnya, pepaya akan menormalkan kembali siklus menstruasi Anda.

Selain melancarkan haid, berikut beberapa manfaat lain jus pepaya:
1. Masalah jantung

Pepaya kaya akan antioksidan, vitamin, dan phytonutrien. Semua hal ini akan membantu menyehatkan jantung dan menjaga sistem kardiovaskular tubuh untuk tetap sehat serta terhindar dari berbagai penyakit.

2. Kanker
Pepaya mengandung lycopene yang merupakan zat aktif dalam memperbaiki sel yang rusak akibat kanker. Jenis kanker yang dapat terbantu dengan jus pepaya setengah matang adalah kanker payudara serta pankreas dan lever.

3. Sistem pencernaan
Ini sudah banyak diketahui, bahwa jus pepaya melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam jus pepaya baik untuk melancarkan sembelit dan melunakkan BAB.

4. Peradangan
Ada enzim bernama papain dan chymopapain yang dapat membantu mengurangi peradangan di sel tubuh. Salah satunya adalah yang terjadi dalam penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

5. Diet
Karena kandungan kalori rendahnya, pepaya adalah buah yang baik bagi diet. Selain itu serat dalam pepaya juga membantu membuat Anda tetap kenyang dan tidak berselera ngemil.

Itulah manfaat hebat yang terkandung dalam pepaya. Tidak hanya membantu melancarkan menstruasi bagi wanita, pepaya dan jus pepaya juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)