Gigi Sehat dengan Cuka Sari Apel

19 April 2010 Artikel Kesehatan


Selain memperkaya rasa makanan, cuka sari apel juga telah lama digunakan untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan, termasuk menjaga kesehatan gigi. Filsuf besar termasuk Plato, Isaac Newton dan Socrates juga menggunakan manfaat penyembuh dari cuka. Jadi, konsep mengenai peran cuka bagi kesehatan bukanlah hal yang baru.

Berikut beberapa peran cuka sari apel dalam menjaga kesehatan gigi:

Kalium
Cuka ini kaya kalium, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan kalium Anda. Kekurangan kalium, jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Asam malat
Selain kalium, cuka sari apel juga mengandung asam malat. Asam malat merupakan asam pencernaan yang secara alami terdapat dalam sel-sel tubuh. Asupan asam malat ekstra bisa memperbaiki kesehatan.

Kandungan asam
Di samping itu, asam-asam yang terkandung dalam cuka sari apel bisa membunuh bakteri penyebab infeksi, membantu mengatasi perdarahan terkait radang gusi.

Angkat plak
Lebih jauh lagi, Anda bisa memutihkan dan menghancurkan plak gigi dengan berkumur cuka sari apel.

Tindakan pencegahan
Akan tetapi, jangan lupa bahwa cuka sari apel adalah asam. Jika hendak menggunakan cuka untuk membersihkan mulut, dokter gigi menganjurkan Anda untuk membersihkan mulut hingga benar-benar bersih setelahnya. Jika digunakan terlalu sering atau jika tidak dibersihkan, asam bisa memelembutkan gigi dan mengikis lapisan email gigi.

Selain itu, cuka sari apel juga sangat kuat. Jadi, pastikan mengencerkan terlebih dahulu sebelum menggunakan.

Anad tidak suka rasanya? Untuk memperkaya rasa, cobalah padukan dengan sedikit madu. Dan jangan lupa membersihkan mulut setelahnya. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat