Gerakan Ampuh Cegah Kaki Kesemutan

18 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Anda pernah mengalami kesemutan? Umumnya kita mengalaminya akibat posisi tubuh tertentu yang membuat aliran darah terjepit dan menjadi tidak lancar. Duduk di lantai dengan kaki dilipat untuk waktu lama atau karena ketiduran saat menonton TV dengan posisi tidur yang kurang baik. Saat kaki sudah kesemutan, rasanya bisa begitu menyiksa. Jalan kaki saja bikin menderita. Apalagi kalau kita masih dituntut dengan berbagai pekerjaan lain yang menuntut keaktifan tubuh. Kalau sudah begini, memang sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahannya.

Berikut gerakan ampuh untuk mencegah kaki kesemutan:
1. Luruskan Kaki

Duduk dengan beralas bantal, kaki diselonjorkan dengan telapak kaki yang menekan dinding. Kedua tangan direntangkan lurus ke depan. Lalu, bungkukkan badan hingga otot-otot betis dan lutut tertarik.

2. Melemaskan Jari-Jari Kaki
Posisi berdiri dengan kaki yang digerakkan seperti akan berjalan. Mulai dari kaki kiri, tekan jari kaki ke lantai, arahkan telapak kaki ke belakang. Anda akan merasa otot-otot pergelangan kaki terasa mengencang, tahan, lalu ganti kaki yang satunya.

3. Menggerakkan Lima Jari
Duduklah di kursi, silangkan kaki kiri dengan paha kanan sebagai tumpuan. Lalu masukkan jari tangan ke sela-sela jari kaki Anda. Longgarkan kaki Anda, tak perlu ditarik ke atas atau ke bawah. Diamkan beberapa saat, lalu pindah kaki yang satunya.

4. Merentangkan Kaki
Berbaringlah dengan posisi kaki yang dinaikkan dan menempel dinding. Posisi pantat diletakkan beberapa inci dari permukaan dinding (tak menempel langsung). Rentangkan kaki hingga membentuk huruf V. Gerakan ini akan membuat otot paha terasa lebih kencang. Selain itu, mengangkat kaki ke atas ini bisa mencegah kaki bengkak.


Dengan melakukan gerakan ini rutin setiap hari di rumah, maka risiko kesemutan bisa semakin berkurang. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)