Gelombang Ponsel Hindarkan Kepikunan

11 Januari 2010 Artikel Kesehatan


Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel menurut studi yang dilansir oleh journal of Alzheimer's Disease bisa mencegah bahkan melawan penyakit alzheimer (kepikunan). Padahal selama ini peneliti selalu disibukkan dengan efek negatif yang mengganggu kesehatan.

Tikus normal yang terpapar gelombang elektromagnetik dalam jangka waktu lama terhindar dari alzheimer, sedang tikus yang sudah mulai sakit mengalami perbaikan.

Temuan ini berlawanan dengan apa yang sebelumnya diharapkan peneliti."Kami benar-benar terkejut saat melakukan penilaian memori pertama kali dan menemukan bahwa mereka bertambah baik," tutur penulis studi Gary Arendash dari Florida Alzheimer's Disease Research Center, seperti dikutip situs healthday.

Meskipun masih pada tahap awal, temuan ini menawarkan kemungkinan menggiurkan bahwa paparan gelombang elektromagnetik bisa mencegah atau mengatasi gangguan yang melemahkan seperti kepikunan.

Akan tetapi, terang Dr. Michael Palm dari Texas AM Health Science Center College of Medicine, studi ini masih memerlukan penelitian lanjutan sebelum diaplikasikan pada manusia."Kita tidak bisa meminta orang-orang menempelkan ponsel di kepala mereka."

Hal senada juga diungkapkan oleh William Thies dari Alzheimer's Association."Temuan ini bukan anjuran agar Anda lebih sering menggunakan ponsel, khususnya dalam situasi berisiko seperti saat mengemudi," terang Thies."Jangan sampai Anda merasa terlindungi dari kepikunan dengan menggunakan ponsel." (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat