Gel Afimoxifene Pengecil Tumor

10 Agustus 2011 Artikel Kesehatan


Dalam upaya mencari sebuah terobosan baru yang bisa merevolusi pengobatan tumor, pengobatan gel terbaru untuk tumor payudara tengah dikembangkan dan diuji di AS. Gel ini diharapkan mampu mengecilkan ukuran tumor.

Gel Afimoxifene digunakan dengan digosokkan pada kulit setiap hari dan memiliki efek samping jauh lebih sedikit daripada tablet tamoxifen, obat tumor payudara yang paling umum digunakan di Inggris.

Meski begitu, sebenarnya gel ini mengandung bahan aktif yang sama dengan tamoxifen tapi gel ini lebih terkonsentrasi di payudara daripada seluruh tubuh seperti pil tamoxifen.

"Kami menilai ini mungkin menjadi solusi yang sangat baik untuk perempuan yang enggan mengasup tamoxifen," kata peneliti Profesor Seema Khan dari Northwestern University saat pengujian gel, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (6/8). "Dengan pengobatan langsung melalui kulit berarti ada akan sangat sedikit obat yang beredar melalui aliran darah dan tubuh."

"Ini tentunya efektif dalam meminimalkan eksposur obat ke seluruh tubuh dan berkonsentrasi di mana obat diperlukan," katanya. Jika percobaan ini berhasil, pengobatan yang disebut afimoxifene ini dapat tersedia untuk pasien dalam tiga sampai empat tahun mendatang. (Pri/OL-06)

Sumber: mediahidupsehat.com