Ganti Gula Anda dengan Alternatif 4 Gula Sehat Berikut Ini

14 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Diabetes merupakan penyakit yang sebagian besar disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang manis. Tak jarang penderitanya sukar sembuh bahkan mengakibatkan kematian. Jika sudah seperti itu, pola makanlah yang dapat membantu Anda jika mau terhindar dari berbagai macam penyakit dalah satunya diabetes.

Penggunaan konsumsi gula memang sulit dihilangkan dari kegiatan sehari-hari manusia. Terkadang Anda membutuhkannya ketika membuat teh manis, kopi, membuat kue dan makanan lainnya yang menggunakan gula sebagai bahannya.

Namun, pastinya Anda tidak ingin berisiko terkena penyakit karena konsumsi gula bukan? Ternyata selain gula ada beberapa alternatif lain pengganti gula yang tidak kalah nikmatnya dan tentu menyehatkan. Apa sajakah itu?

Kurma

Buah yang biasanya panen dan banyak dijual pada bulan Ramadhan ini dikenal sebagai buah yang kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B6. Kurma juga sangat baik untuk makanan pendamping diet. Meskipun Anda mungkin tidak bisa makan bersama dengan teh, kopi atau ke dalam masakan, namun Anda dapat menambahkannya ke kue dan juga sebagai hiasan dessert.

Madu

Siapa yang tidak kenal madu. Selain terjangkau, madu merupakan alternatif paling baik karena madu kaya nutrisi dan sangat alami, termasuk vitamin B dan C, magnesium, kalium, natrium, klor, belerang, besi, fosfat, tembaga, yodium, dan seng. Akan tetapi, madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, jadi tidak dianjurkan pula untuk mengkonsumsinya berlebihan.

Gula aren

Biasa disebut Gula Jawa atau Gula Merah, gula ini meskipun memiliki banyak kalori, ternyata memiliki ikatan sukrosa panjang sehingga tubuh mencerna lebih lambat dan energi tidak dilepaskan dengan mudah.

Sirup jagung

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu sirup jagung. Sirup jagung memiliki sifat antioksidan dan juga membantu tubuh Anda mendapatkan energi dari makanan yang Anda makan. Selain itu, sirup jagung mengandung banyak riboflavin,serta sejumlah kecil mineral seperti kalsium dan seng.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)