Gangguan Tidur Picu Penggunaan Obat Terlarang

9 April 2010 Artikel Kesehatan


Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung menggunakan obat-obatan dan alkohol berlebih saat mereka dewasa. Selain itu, pola tidur yang buruk di masa muda bisa memicu kebiasaan mengemudi sambil minum alkohol, merokok dan mabuk-mabukan.

Kesimpulan ini berdasarkan temuan studi yang dipublikasikan di jurnal Alcoholism: Clinical Experimental Research. Studi yang melibatkan 386 partisipan remaja ini mengungkap, anak-anak yang mengalami gangguan tidur antara usia tiga dan lima tahun cenderung memiliki tidur yang buruk saat mereka berusia antara 11 dan 17. Hal ini, terang peneliti, berkaitan dengan risiko penggunaan obat-obatan yang lebih tinggi di usia antara 18 dan 21.

"Keletihan berlebih dan gangguan tidur bisa memprediksi penggunaan alkohol, kebiasaan merokok, dan penggunaan obat-obat terlarang di antara anak lelaki dan hanya penggunaan alkohol di kalangan anak perempuan," terang Maria Wong, profesor psikologi dari Idaho State University, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (8/4).

Tidur yang buruk, lanjut Wong, secara langsung bisa memperkirakan hadirnya kebiasaan minum berlebih, mengemudi setelah minum alkohol, dan sejumlah gangguan akibat alkohol lainnya pada dewasa muda.

Studi ini, menurut direktur penelitian dari Sleep Disorders and Research Center di Detroit, Tim Roehrs, menunjukkan bahwa anak-anak juga berisiko mengalami gangguan tidur, sama seperti orang dewasa."Intinya, tidur sangat penting." (IK/OL-5)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat