Gangguan Sepele Tapi Menjengkelkan? Apa Saja?

28 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Mungkin hal gangguan kecil seperti kulit kering, luka kecil, cegukan memang tidak terlalu serius untuk diobati tetapi akan menyakitkan bila anda melakukan suatu aktivitas sehari -hari.

Kebanyakan orang bila mengalami gangguan kecil seperti itu akan merasa biasa saja bahkan tidak memperdulikan gangguan tersebut dan menganggap hal itu pasti hilang dengan sendirinya. Tapi bagi sebagian orang, hal ini akan menjadi gangguan besar yang harus dihilangkan. Untuk itu, ada beberapa gangguan dan solusinya dalam menghilangkan gangguan kecil tersebut.

1. Tersedak

Hal ini pasti terkadang terjadi ketika kita makan atau minum. Tersedak terjadi karena diafragma pernafasan tidak beraturan karena kaget menerima sesuatu seperti makanan, minum bahkan saat bernafas. Untuk menghindari hal seperti ini, cara sederhana yang dapat dilakukan adalah cobalah minum air dan mencoba nafas sesaat. Cara ini efektif untuk menghilangkan tersendak dan membuat pernafasan lebih rileks.

2. Melepuh

Gangguan ini bisa saja terjadi misalnya bermain bola di aspal, gesekan telapak kaki dan sepatu yang menimbulkan gelembung yang didalamnya air di bawah lapisan kulit. Kulit melepuh juga dapat disebabkan oleh luka bakar dan luka pada kulit. Cara yang tepat untuk mengatasi kulit melepuh adalah membiarkanya saja sehingga memberi kesempatan tubuh untuk meregenerasi kulit yang melepuh. Apabila gelembung pada kulit yang melepuh sangat besar, cobalah untuk memencetnya dengan tangan anda dan pastikan tangan anda bersih.

3. Bibir pecah-pecah

Cuaca yang terlalu panas dan dingin dan terbiasa berjemur matahai terlalu lama dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Kulit pada bibir lebih tipis daripada kulit wajah dan kulit di bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga menyebabkan bibir cepat kering. Selain itu rasa kering di bibir dapat menyebabkan nyeri. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya untuk tidak membasahi bibir dengan air ludah karena akan membuat bibir bertambah buruk. Cobalah pakai pelembab bibir karena bisa melindungi permukaan bibir dan mengurangi pengeringan pada bibir.

4. Leher kaku dan pegal

Seiring dengan aktivitas yang padat, terkadang anda tidak memperhatikan anggota tubuh anda seperti leher. Akibatnya otot pada leher anda menjadi tegang sehingga membuat leher menjadi kaku dan nyeri yang membuat kerja kita terganggu. Untuk itu cobalah pastikan posisi tubuh anda tepat saat anda beraktivitas dan pastikan meja , kursi dan komputer dibuat senyaman mungkin supaya anda tidak mengalami leher kaku lagi.

5. Air masuk telinga

Hal ini pasti terjadi ketika mandi dan membersihkan telinganya dengan sabun juga saat berenang. Telinga yang kemasukan air pasti akan menganggu pendengaran dan menjadikan kotoran di telinga. Untuk itu agar air keluar dari telinga adalah miringkan kepala anda sambil meloncat perlahan agar air di telinga keluar dengan sendirinya. Selain itu cara lainya adalah dengan memakai pengering rambut tetapi jangan terlalu dekat dengan telinga karena dapat membuat telinga perih dan terbakar.

6. Mulut menjadi kering

Hal ini terjadi karena air liur yang diproduksi oleh mulut rendah karena kurang minum. Selain kurang minum, mulut kering terjadi karena efek samping dari obat - obatan seperti obat antidepresan. Jika mulut kering dapat mengganggu kerja anda, sebaiknya perbanyak minum atau bisa mengunyah permen karet dengan kadar gula yang rendah.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari berbagi sumber)