Game yang Bikin Sehat

5 Mei 2011 Artikel Kesehatan


SEATTLE - Bermain game kini bukan sekadar cara untuk mengisi waktu luang atau iseng belaka. Seorang Senior Interaction Designer di Seattle, Amerika Serikat, Alex Tan, mengatakan bermain game juga bisa menyehatkan.

"Bermain game adalah kebiasaan dan itu bisa terapkan untuk gaya hidup sehat," kata Tan dalam konferensi Innovation Learning Network, seperti dikutip Cnet, hari ini.

Salah satu permainan yang bisa digunakan untuk mengurangi stres sekaligus menyehatkan yakni Expresso Fitness. Pada permainan ini, Tan membuat sebuah sepeda yang di depannya ada layar besar. Alur cerita gamenya adalah pemain harus mengarahkan dan mengayuh sepeda sekencang-kencangnya untuk menangkap naga atau mengambil koin.

Dari situlah, para pemain game akan fokus pada permainan dan berlomba mendapatkan poin ketimbang merasakan letihnya mengayuh sepeda. "Pemain tidak akan terasa bahwa mereka telah menggenjot pedal sepeda selama berjam-jam," kata Tan.

Ada pula permainan Re-mission yang diciptakan oleh HopeLab. Dalam permainan ini, gammer dibekali dengan sebuah senjata api untuk melumpuhkan sel-sel kanker di dalam tubuh dan memerangi infeksi bakteri.

Tentu saja permainan Re-mission ini tidak sama seperti game Call Of Duty. Namun, dari tes awal yang dilakukan, ternyata para penderita kanker yang melakukan terapi melalui game Re-mission ini minimal satu jam sekali dalam sepekan menjadi lebih kuat dalam menjalani kemoterapi. "Mereka juga jadi lebih rutin minum obat," ujar Tan.

Sumber: tempointeraktif.com