Film Horor Dapat Menyehatkan Tubuh, Benarkah?

18 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Bagi sebagian orang mungkin menonton film horor adalah kegiatan yang sangat menakutkan dan dihindari terutama wanita. Siapa sangka ternyata banyak manfaat dibalik film yang membuat jantung berdegub kencang dan selalu dikagetkan di setiap scene-nya. Nyatanya dengan menonton film horor dapat memberikan dampak positif pada tubuh, pikiran dan jiwa.

Film horor tidak sepenuhnya berdasarkan kisah nyata dan kebanyakan unsur fiksi dan imajinasi. Maka dari itu penonton pun percaya bahwa hal tersebut tidak nyata dan resiko timbulnya trauma setelah menonton film horor juga terbilang jarang. Bila ada yang sangat takut setelah nonton film horor, mungkin karena phobianya saja yang berlebihan.

Apa Saja sih Manfaatnya?

Sistem Imun Tubuh Lebih Tahan Banting

Studi menunjukan saat seorang perempuan menonton film horor maka otak akan menghasilkan energi tambahan dan aktifnya neurotransmitter (dopamin, glutamate, dan serotonin). Setelah itu tubuh akan berada dalam kondisi waspada untuk sementara. Ancaman sinyal yang melewati hypothalamus (bagian otak terkait sistem glandular di tubuh) akan menstimulasi kelenjar adrenal untuk memproduksi adrenalin. Disinilah kondisi dimana orang biasa menyebut terpacunya adrenalin mereka. Setelah film selesai, maka sistem tubuh akan menjadi tenang dan sistem imun akan lebih kuat.

Membakar 200 Kalori

Bagi Anda yang ingin membakar kalori tapi malas olahraga? Nonton film horor akan menjadi salah satu alternatif untuk anda. Rasa takut yang ternyata bisa membuat seseorang membakar kalori lebih walau tidak sebanyak jika kita melakukan olahraga. Penilitian di Inggris menyatakan bahwa menonton film horor yang menyeramkan mampu membakar sekitar 200 kalori sama seperti olahraga selama 3 menit.

Lebih Waspada Di Kehidupan Nyata

Tingkat kewaspadaan anda akan semakin meningkat seiring banyaknya film horor yang anda saksikan. Otak akan merekam memori agar selalu bertindak waspada. Hal ini juga berlaku dalam kegiatan sehari hari dalam mengantisipasi hal yang tidak terduga lebih baik ketimbang yang jarang menonton film horor.

Dengan catatan tidak dianjurkan juga untuk penderita komplikasi jantung. Maka di setiap cover film atau awal mula film tersebut diputar ada pemberitahuan dan larangan menonton bagi penderita penyakit jantung.

Tunggu apalagi? Yuk nonton film horor!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)