Faktor Penyebab Vertigo yang Harus Diketahui

25 Maret 2016 Artikel Kesehatan


Vertigo merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam, sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dan keadaan ruang di sekelilingnya serasa berputar. Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit vertigo ini juga dapat menyebabkan pandangan kita menjadi gelap. Orang yang terkena vertigo akan merasa bahwa keadaan atau sekeliling ruang yang ia tempati seperti berputar. Kemudian ada juga gejala yang lainnya yaitu ketika Anda duduk lalu berdiri maka akan merasa pusing dan disertai penglihatan yang menjadi gelap, bahkan vertigo juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya vertigo:
1. Kesulitan melihat

Ketika Anda terlalu lama berada di depan komputer, biasanya mata Anda akan mengalami gangguan seperti menjadi rabun. Akibatnya akan mengalami kesulitan saat hendak melihat objek yang ada disekitar kita. Nah, gangguan mata tersebut dapat juga menjadi penyebab vertigo.

2. Gangguan telinga bagian dalam
Vertigo jenis ini terjadi ketika seseorang melakukan perubahan posisi kepala secara tiba-tiba, misalnya seperti ketika berdiri atau bangun dengan tempo cepat. Hal ini dapat terjadi karena adanya gangguan pada bagian dalam telinga yang dikenal juga dengan sebutan Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Vertigo jenis ini biasanya akan sembuh dalam waktu hanya beberapa menit saja.

3. Penyakit sistem saraf pusat
Vertigo juga dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian syaraf pusat yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Kemudian sistem saraf pusat dapat terganggu oleh adanya penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

4. Infeksi
Vertigo juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang salah satunya adalah flu. Flu dapat menyebabkan gangguan pada telinga bagian dalam.

5. Migrain
Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Penyakit vertigo yang disebabkan oleh migrain ini bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari. Untuk mencegahnya, usahakan jangan terlalu lelah saat bekerja dan banyak minum air putih. Selain itu jangan terlalu banyak fikiran.

Dengan mengetahui faktor yang dapat menyebabkan vertigo, Anda dapat melakukan tahap pencegahan lebih awal sebelum Anda mengalaminya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)