Fakta Mengejutkan! Ternyata Makan Malam Membuat Anda Bodoh

10 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Sungguh mengejutkan memang bahwa kebiasaan makan malam berujung pada kebodohan. Lalu apa yang mendasari pernyataan tersebut? Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa makan larut malam atau ngemil di malam hari bisa menghambat memori.

Peneliti dari The University of California, Los Angeles menemukan alasan lain mengapa Anda harus menjaga pola makan di malam hari dan menghindari camilan tidak sehat menjelang tidur. Dilansir oleh newshealthmax.com, penelitian ini menunjukkan bahwa makan larut malam bisa mengganggu jam internal tubuh. Di saat tubuh Anda sudah dalam kondisi siap tidur, justru tubuh harus bekerja lebih keras karena harus mengolah makanan yang Anda nikmati.

Para ilmuwan mempercayai bahwa hal tersebut dapat mengacaukan fungsi memori dan kognitif seseorang. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya setiap manusia sudah memiliki rancangan jam tubuh, saat Anda harus tidur, maka tidurlah. Yang disayangkan, kehidupan modern mengacaukan pola yang sudah ada dalam tubuh manusia. Jadwal kerja yang tidak tentu, mengejar deadline sampai lupa waktu dan menganggap tidur tidak penting justru akan menggerogoti kesehatan secara perlahan.

Salah satu peneliti Christopher Colwell memaparkan bahwa sistem biologis kita sudah memiliki pola, mereka bekerja berdasarkan ritme dan pola tertentu.

Selain mengacaukan fungsi memori dan kognitif, sering makan terlalu malam dan ngemil menjelang tidur akan membuat tubuh bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh. Risiko diabetes tipe 2 juga bisa meningkat jika kebiasaan ini terus dilakukan.

Jadi, hindari makan malam yang dekat dengan waktu tidur. Ambilah misal 2-3 jam sebelum tidur. Jagalah kesehatan dan sayangi tubuh Anda karena sehat merupakan suatu yang mahal harganya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)