Fakta Bahwa Tidur yang Cukup Baik untuk Kesehatan

1 Juli 2016 Artikel Kesehatan   |    Mukti Effendi


Seperti banyak diketahui bahwa tidur yang cukup memiliki dampak yang baik untuk kesehatan terutama untuk mengembalikan energi. Namun pada anak sering kali susah untuk diajak tidur dan lebih suka untuk bermain. Hal ini sebaiknya mulai Anda luruskan dan berikan pengertian tentang pentingnya anak tidur. Ada lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dengan kebiasaan tidur yang baik dan cukup. Apa saja fakta menarik tentang tidur yang cukup pada anak, berikut ulasannya.

Pertama dengan tidur yang cukup anak akan menjadi lebih sehat. Fakta menunjukkan jika anak yang sering tidur larut malam atau anak yang mengalami insomnia akan mengalami penurunan kecerdasan otak anak. Selain itu, ketika anak kurang tidur juga akan berakibat pada menurunnya tingkat sosialisasi yang dilakukan anak karena kebiasaan yang lebih lama dilakukan pada siang hari.

Manfaat lainnya adalah jika anak lebih sering untuk terjaga dikala malam akan membuat resiko obesitas meningkat. Obesitas adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat kegemukan yang berlebih yang dialami oleh anak. Dengan obesitas yang dialami oleh anak akan membuat anak menjadi lebih malas dan lebih mudah terserang penyakit lain yang lebih berbahaya. Bahkan berat badan yang berlebih ini akan terus ia alami hingga nanti ia tumbuh dewasa.

Fakta lain mengenai tidur cukup bagi anak adalah anak menjadi lebih aktif dan perkembangannya akan menjadi lebih baik. Jika anak mengalami masalah tidur pada malam hari akan berakibat pada kegiatannya pada siang hari. Anak menjadi lebih malas dan juga dalam bermain akan menjadi lebih pasif hal ini tentunya akan mengakibatkan masalah sosial dan mental pada anak.

Karena pentingnya tidur bagi anak maka Anda harus memulai kebiasaan tidur dengan baik untuk anak. Dengan demikian anak menjadi lebih sehat, cerdas, aktif, dan tumbuh dengan baik.

(Penulis adalah pemilik www.bacatips.com
Tulisan lainnya bisa dilihat disini)