Artikel Kesehatan
12 Juli 2011

Etika Menjenguk Pasien di Rumah Sakit

Kala hendak mengunjungi kerabat yang tengah terbaring di rumah sakit, sebaiknya kita mengetahui etika membesuk seseorang. Jangan sampai niat baik kita malah membuat pasien malah merasa kurang nyaman.

Berikut beberapa tips supaya kunjungan Anda membuat kesan baik bagi seorang pasien di rumah sakit.

1. Telepon rumah sakit dan cari tahu apa saja aturan dalam berkunjung, khususnya untuk unit yang hendak Anda kunjungi dan waktu tepat untuk membesuk.

2. Minta operator rumah sakit untuk menghubungkan Anda ke unit yang dimaksud. Pasien mungkin mesti menjalani banyak prosedur seperti tes sinar X sehingga ia mungkin tak akan berada di dalam kamarnya seharian. Petugas rumah sakit memang tidak dapat memberikan informasi yang spesifik karena aturan privasi, tetapi jika Anda bertanya apakah pasien boleh menerima tamu mereka tentu akan memberikan keterangan.

3. Hubungi anggota keluarga pasien untuk menanyakan apakah pasien bersedia menerima pengunjung. Ada pasien biasanya merasa enggan dikunjungi kala kondisinya kurang baik.

4. Tinggalkan anak di rumah! Jangan bawa mereka berkunjung kerumah sakit. Setiap orang memiliki tanggapan berbeda saat menerima kunjungan, belum tentu mereka merasa lebih baik dengan kehadiran anak kecil.

5. Hormati pula pasien lain. Orang yang Anda kasihi mungkin memang berada di ruangan bersama dengan pasien lain. Dan, dan pikirkan mungkin pasien lain di ruangan itu memiliki penyakit lebih parah jika dibandingkan orang yang Anda kunjungi.

Sumber: mediaindonesia.com


Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris