Enzim Caspase 8 Bantu Pengobatan Kanker

11 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Telah ditemukan sebuah enzim dalam tubuh kita yang memiliki kemampuan memicu sel kanker dan mampu mematikan dirinya sendiri. Penemuan baru ini tentunya diharapkan bisa diterapkan dalam pengobatan penyakit mematikan tersebut.

Para peneliti mengemukakan penemuan enzim caspase 8 ini dapat membuka jalan menuju pengobatan antikanker dan antiinflamasi yang lebih baik. Enzim ini diketahui memainkan peran penting dalam apoptosis, yakni suatu bentuk tindakan 'bunuh diri' pada sel yang penting penting bagi perkembangan semua organisme multiselular sekaligus pertahanan melawan infeksi virus.

Anehnya, caspase 8 ternyata memiliki dua fungsi yakni memulai apoptosis dan menahan jalur kematian independen terprogram, kata peneliti studi Ed Mocarski, profesor mikrobiologi dan imunologi di Universitas Emory.

Pada manusia, kurangnya enzim caspase 8 dalam tubuh telah dihubungkan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh dan penyakit kulit seperti eksim. Sementara itu, terlalu banyak caspase 8 malah bisa menyebabkan diabetes.

Adapun beberapa percobaan antikanker dan obat antiinflamasi telah digelar bertujuan mengubah kadar caspase 8 dalam tubuh untuk menciptakan proses bunuh diri pada sel kanker atau mengurangi inflamasi. Hasil temuan ini telah dimuat pada jurnal Nature edisi maret 2011.

Sumber: mediaindonesia.com