Eneg Sama Susu? Ada Penggantinya.

30 Agustus 2012 Artikel Kesehatan


Kita pasti tak asing mendengar nama susu. Susu adalah minuman berwarna putih yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein serta vitamin yang berguna bagi tubuh. Semua orang pasti ingin mendapatkan nutrisi yang baik untuk kesehariannya. Namun beberapa orang mungkin suka gizinya, namun tidak suka akan rasanya yang sedikit amis yang bisa membuat kita mual bahkan ada segelintir orang yang bisa alergi pada tubuhnya jika minum susu. Orang yang alergi pada susu cenderung alergi pada laktosanya. Padahal sebenarnya susu cukup untuk memberi nutrisi kita serta membuat kesehatan menjadi lebih baik.

Bagi yang tidak suka susu dan alergi tenang saja, ada makanan dan minuman alternatif yang seimbang untuk mengganti susu namun nutrisinya sama seperti susu.

1. Susu Kedelai
Selain kaya protein, susu kedelai dapat dijadikan sebagai pengganti ideal susu sapi karena kaya akan protein nabati sama seperti sapi yang kaya protein hewani. Susu kedelai ini selain memiliki asam amino sebagai memperbaiki daya ingat juga sebagai "bodyguard" kita terhadap ancaman kanker.

2. Bayam
Sayuran yang satu ini dianggap pengganti susu terbaik karena bayam memiliki kalsium yang amat tinggi. Hanya dengan 1 cangkir bayam rebus, anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bayam memiiki vitamin seperti vitamin A,C,E dan K serta asam folat yang berperan sebagai zat pembangun pada beberapa bagian tubuh yang penting.

3. Almond
Almond dapat dijadikan sebagai pengganti susu karena didalam kandungan almond, terkandung kalium, kalsium,vitamin E yang menjaga kesuburan kulit dan antioksidan. Almond selain kaya akan nutrisi yang menguntungkan bagi tubuh, juga aman bagi pencernaan serta meregenerasi pada sel tubuh akibat radikal bebas serta menurunkan kognitif (depresi /stress).

4. Ikan
Memang sudah teruji makanan yang satu ini memiliki nutrisi yang luar biasa yaitu kaya akan protein dan memiliki asam amino yang tinggi serta omega 3 yang dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan jantung. Ikan memiliki lemak yang baik shingga jika makan ikan, orang tidak perlu takut kegemukan. Ada beberapa macam ikan yang memiliki protein yang tinggi seperti ikan salmon, tuna, mackerel.

(Dikutip dari beberapa sumber)