Efektif Menghilangkan Cegukan dengan Gula Pasir

1 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Pernahkah Anda mengalami cegukan yang sulit dihilangkan sehingga sangat mengganggu aktivitas harian? Hal ini tentu sangat menjengkelkan ya? Namun tak perlu khawatir ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan cegukan secara efektif.

Seperti kalian ketahui, cegukan terjadi karena otot diafragma atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut mengalami kontraksi. Setiap kontraksi akan membuat pita suara menutup tiba-tiba dan menghasilkan cegukan.

Beberapa penyebab datangnya cegukan biasanya dari makan yang terlalu cepat, minuman panas, minuman bersoda, makan makanan pedas, makan terlalu cepat, menelan terlalu banyak udara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak perlu khawatir, ada cara efektif pereda cegukan yaitu dengan menggunakan gula pasir. Dilansir oleh boldsky.com, Anda bisa redakan cegukan secara instan dengan menelan gula pasir lho.

Caranya mudah, siapkan satu sendok gula pasir dan masukan ke mulut Anda. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena gula di dalam mulut akan mengirimkan sinyal lewat serabut saraf yang mengganggu lengkung refleks cegukan. Saat menelan gula irama pernafasan akan berubah, inilah yang membuat cegukan segera berhenti.

Nah, bila Anda mengalami cegukan, menelan gula pasir adalah salah satu alternatif dari berbagai macam cara untuk menangani masalah cegukan. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)