Efek Negatif dari Nikmatnya Kopi

29 Agustus 2012 Artikel Kesehatan


Pasti semua orang tidak asing dengan minuman hitam yang satu ini. Kopi yang dahulu hanya di seduh, sekarang di zaman modern ini kopi mempunyai banyak olahan seperti roti rasa kopi, kopi bubuk dan bahkan dapat dijadikan body lotion oleh beberapa produk kecantikan karena mempunyai kelebihan mengandung antioksidan untuk menghaluskan kulit. Kopi sekarang bisa anda jumpai tak hanya di pasar, tetapi dari warung, toko bahkan sampai mall menyediakan kedai kopi /café.

Kopi memang terasa enak ketika di minum. Namun jika sudah berlebihan, kesehatanlah yang menjadi jaminannya. Bisa jadi anda kecanduan oleh kopi karena kafein yang anda konsumsi dalam tubuh berlebih.

Ada beberapa dampak negatif akibat minum kopi yang berlebihan:

1. Luka pada lambung
Seiring dengan meningkatnya asam lambung yang awalnya sebagai pembunuh kuman pada makanan saat mencerna menjadi merusak permukaan dinding lambung karena minum kopi saat perut kosong. Hal ini biasanya terjadi bagi para pengemar berat minum kopi

2. Ketergantungan
Terkadang dalam keadaan mengantuk, kopi selalu menjadi pilihan utama bagi orang untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun jika dikonsumsi sesering kali, maka kejadian ini akan berbalik menjadi kecanduan pada kopi dan mudah mengantuk jika tidak minum kopi.

3. Beser dan sembelit
Efek lain dari kafein adalah sering buang air kecil karena ketagihan kopi. Selain itu dapat mengurangi cairan dalam tubuh sehingga sering buang air kecil dan membuat BAB menjadi agak susah. Tentu saja ini dapat memicu terjadi sembelit.

4. Asam lambung
Apapun jenis kopi, kopi memiliki 2 kadar jenis rasa yaitu pahit dan asam. Apabila kopi diminum saat perut kosong mengakibatkan asam dalam lambung naik kekerongkongan sehingga memicu terjadinya asam lambung.

5. Gigi bernoda
Penyebab gigi bernoda selain rokok adalah kopi. Jika kopi menimbulkan perubahan warna gigi mungkin bukan menjadi kendala namun pada jangka panjang, akan terjadi lubang pada gigi.

6. Susah tidur dan suka gelisah
Efek yang terkandung dalam kafein adalah stimulant, jadi memacu pergerakan jantung dan pembangkit tenaga, namun jika takaran kopi berlebihan, maka yang terjadi malah berbalik seperti mudah gelisah sekaligus jantung berdebar-debar. Hal ini yang menyebabkan anda susah tidur

(Dikutip dari berbagai sumber)