Efek Buruk Terlalu Banyak Minum Es Teh pada Ginjal

3 Juli 2016 Artikel Kesehatan


Anda suka minum es teh? Rasanya yang manis menyegarkan, berpadu dengan harganya yang murah membuat es teh menjadi minuman favorit semua orang. Popularitas es teh terbukti dengan kehadirannya di hampir semua tempat makan, mulai dari warung- warung kecil hingga restoran mahal. Tapi tahukah Anda, di balik kenikmatannya, es teh menyimpan potensi merugikan bagi kesehatan khususnya ginjal.

Sebuah penelitian Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengungkap bahwa mengkonsumsi es teh berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Es teh mengandung salah satu bahan kimia konsentrasi tinggi oksalat yang memicu pembentukan batu ginjal. Bagi Anda yang memiliki sakit batu ginjal, hati-hatilah dengan es teh.

Teh panas sebenarnya juga menyimpan efek buruk yang sama. Hanya, takaran penyajian teh panas biasanya lebih kecil dari es teh. Jarang orang yang mengonsumsi teh panas saat haus. Berbeda dengan es teh, dimana banyak orang sanggup meminumnya lebih dari segelas saat haus dan udara panas.

Oleh karenanya, gantilah es teh dengan air putih atau Anda bisa mencampurnya dengan lemon. Lemon kaya kandungan citrates, yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tidak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.

Jika Anda memang salah satu penggemar es teh, mulai sekarang bijaklah dalam mengkonsumsinya, dari rasa dan kesegaran yang dihasilkan mengandung bahaya yang tidak kecil untuk ginjal Anda. Jadi, sayangi ginjal Anda dengan memperhatikan minuman yang ingin dikonsumsi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)