Efek Buruk Pekerjaan pada Kesehatan

11 Oktober 2010 Artikel Kesehatan


Ketika sebuah hasil penelitian mengemukakan bahwa duduk sepanjang hari bisa mempercepat kematian, kita pun tersentak. Tapi tenang, ada cara untuk meminimalisasi efek buruk pekerjaan terhadap kesehatan, baik di belakang meja atau berkeliaran menjaga anak-anak.

1. Duduk sepanjang hari
Duduk terlalu lama memang tak baik. Tak hanya akan memberikan tekanan bagi bagian belakang tubuh Anda sehingga menyebabkan nyeri dan gangguan syaraf, tapi dalam penelitian terbaru diketahui pula duduk terlalu lama memperbesar kemungkinan terkena kanker atau serangan jantung. Untuk mengatasinya sangatlah mudah, selama lima menit setiap jamnya cobalah untuk berdiri dan lakukan sesuatu seperti pergi ke kamar kecil atau sekadar berkeliling. Semakin aktif, semakin baik pula fisik Anda.

2. Menjaga anak-anak
Selamat! Dengan menjaga anak-anak otomatis sudah banyak kalori Anda yang terbuang. Namun, terlalu banyaknya gerakan seperti mengejar dan mendorong stroller juga bisa membuat Anda menderita. Keluhan biasanya berupa rasa nyeri dan tegang pada pundak dan punggung bagian bawah. Untuk mengatasinya, bagi Anda yang merawat balita, angkatlah anak dengan bertumpu pada kaki, apalagi bila ia berada di lantai. "Bila menggunakan stroller, tangan Anda harus membentuk sudut 90 derajat.

3. Terus mengetik
Menghabiskan waktu selama 20 jam di depan komputer dapat meningkatkan risiko cedera pergelangan tangan. Maka itu, untuk mencegahnya, saat mengetik coba letakkan tangan dalam posisi netral jangan diangkat terlalu tinggi atau rendah. Memberi jeda dengan beralih dari komputer selama beberapa menit setiap jamnya juga dapat membantu.

4. Sering lembur
Tak sedikit orang yang tengah bekerja di saat kita sedang asyik terlelap tidur. Dari banyak efek buruk lembur, salah satu penelitian mengemukakan para perawat yang sering mendapat gilirasn jaga malam lebih rentan mengidap kanker payudara. Untuk mencegahnya, tetapkan jadwal supaya Anda bisa tetap tidur selama delapan jam per hari. Atau, curi waktu tidur saat jam kerja. Tidur selama 1 jam saja mampu menangkal efek buruk bekerja sif malam.

5. Terus berdiri
Dampak positif dari pekerjaan yang mesti membuat Anda terus berdiri yakni Anda akan menjadi lebih aktif ketimbang mereka yang bekerja di belakang meja sehingga risiko terkena penyakit jantung dan obesitas pun berkurang. Namun, berdiri terlalu banyak juga bisa membuat kakai terasa pegal hingga nyeri. Mereka yang berdiri lebih dari 8 jam per hari juga rentan terkena varises. Untuk itu, perbanyaklah gerakan dengan berjalan-jalan selama 15 menit untuk mengurangi pembengkakan kaki. (Pri/OL-06)

sumber: Mediaindonesia.com