Edukasi Kesehatan dan Gizi Penting bagi Masyarakat

25 Juni 2009 Artikel Kesehatan


JAKARTA, RABU -Kurangnya penyuluhan dan edukasi kesehatan dan gizi bagi masyarakat, menyebabkan banyak anggota keluarga yang tergelincir dalam masalah gizi. Anak-anak mereka mengalami gizi buruk dan kurang gizi. Agar masyarakat mampu mandiri dalam mencegah dan menanggulangi gizi keluarga, Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) memberikan penyuluhan dan edukasi kesehatan.

Ketua PDGMI DKI Jakarta, Dr dr Saptawati Bardosono MSc, mengatakan hal itu pada Caravan Gizi Dancow Instant Enriched, Rabu (16/4) di Hotel Gran Melia, Jakarta. "Agar para orangtua mengetahui kondisi anak-anaknya, makanya kepada mereka diberikan pengetahuan tentang 10 tanda umum anak bergizi baik," ujarnya.

Sepuluh tanda umum anak bergizi baik itu adalah (1) bertambah umur, bertambah berat, bertambah tinggi. (2) postur tubuh tegap dan otot padat, (3) rambut berkilau dan kuat, (4) kulit dan kuku bersih dan tidak pucat, (5) wajah ceria, mata bening, dan bibir segar, (6) gigi bersih dan gusi merah muda, (7) nafsu makan baik dan buang air teratur, (8) bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur, (9) penuh perhatian dan bereaksi aktif, dan (10) tidur nyenyak.

Sepuluh tanda umum anak bergizi baik itu disusun dan diformulasikan oleh PDGMI pada materi edukasi gizi dan kesehatan melalui serangkaian diskusi dengan merujuk pada berbagai pustaka, sehingga mampu memuat semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia 3-12 tahun yang berkaitan dengan gizi, merupakan acuan pertama di Indonesia yang bertujuan untuk membantu para ibu memantau perkembangan anaknya.

Saptawati yang juga Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PDGMI itu menjelaskan, program Caravan Gizi Dancow Instant Enriched sangat relevan dengan masalah malnutrisi pada anak yang kerap terjadi di berbagai daerah. Narasumber umumnya bersemangat mengulas gizi buruk, namun jarang yang mengulas mengenai gizi baik. "Pengalaman mengunjungi daerah-daerah dalam program ini, banyak ibu yang hadir mempertanyakan masalah anak seperti susah makan, berat badan kurang, atau hanya terpenuhinya satu-dua kriteria saja dari 10 tanda umum anak bergizi baik," paparnya.

Program Caravan Gizi Dancow Instant Enriched yang digelar Nestle Dancow bersama PDGMI, menurut Children Nutrition Marketing Nestle Indonesia Windy Cahyaning Wulan, telah memasuki putaran ke-4 dan telah mengunjungi 87 lokasi penyuluhan (di antaranya Puskesmas dan RSUD) di Jakarta, Bekasi, Depok, Pekanbaru dan Balikpapan. Sedikitnya 4000 ibu sudah mengikuti program ini. "Kami akan mengunjungi 628 lokasi penyuluhan lainnya di 13 kota selama 14 pekan dengan target partisipasi 50.000 ibu. Koto-kota lain yang akan dituju adalah Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Denpasar, Makassar, dan Madano," ujarnya.(NAL)

Yurnaldi

Top of Form

Bottom of Form
Sumber: Kompas.com